Oleh: tettystak | November 6, 2008

PAGET ( KANKER PAYUDARA BARU YG GANAS )

image0011Dalam bulan Nopember (2004 ?), satu jenis kanker baru ditemukan. Pada seorang wanita timbul sebuah bintik merah di payudaranya, hal ini sama seperti pada ibu-ibu muda yang sedang menyusui.

Karena mammogram (foto sinar-x payudara)-nya cerah, dokter mengobatinya dengan antibiotik untuk infeksi. Setelah 2 kali pengobatan, hal itu berlangsung menjadi lebih buruk, jadi dokternya mengirim dia untuk difoto x-ray lagi. Kali ini mammogram-nyamenunjukkan suatu gumpalan. Oleh biopsi didapati suatu penumbuhan yang bersifat ganas. Chemo (terapi kimia) dimulai untuk menciutkan perkembangan gumpalan itu; laludilakukan pembedahan (mastectomy) ; kemudian terapi kimia sepenuhnya; lalu radiasi.

Kira-kira setelah 9 bulan pengobatan intensif, ia diberi surat keterangan sehat. Dia hidup sehat penuh setiap hari dalam setahun. Lalu kanker itu kembali ke daerah hati (lever). Ia melakukan 4 kali pengobatan dan memutuskan bahwa ia mengingini kualitas hidup, bukan setelah efek Chemo. Ia memilikiwaktu 5 bulan dan ia merencanakan tiap detail dari akhir hidupnya. Setelahbeberapa hari hidup dengan membutuhkan morphine, ia mati. Dia meninggalkan berita ini untuk para wanita dimanapun:Wanita, WASPADALAH pada segala sesuatu yang tidak normal, dan gigihlah untuk mendapat pertolongan sesegera mungkin.

image00333Penyakit Paget: Ini adalah suatu bentuk yang jarang dari kanker payudara, dan ada di luar dari payudara, pada puting susu dan aureole (lingkarangelap di sekitar puting). Mulai muncul sebagai bintik merah, yang kemudian menjadi luka dengan kerak di tepi luarnya. Saya tidak pernah curiga itu kanker tetapi demikianlah. Puting susu saya sepertinya tidak beda bagiku, tapi bintik merah itu mengganggu saya, dan karena itu saya ke dokter. Terkadang, gatal dan nyeri, tapi lain dari itu tidak menyusahkan saya. Itu hanya jelek dan suatu gangguan, dan tak dapat dihilangkan oleh semua krim (salep) yang dianjurkan oleh dokter saya dan para dokter karena radang kulit (dermatitis) pada mata saya tepat sebelum penjangkitan ini. Mereka rupanya sedikit prihatin tetapi tidak memberi peringatan bahwa ini mungkin kanker.

Nah, saya kira tidak banya wanita yang tahu bahwa suatu luka atau bintik pada puting susu atau aureole mungkin kanker payudara. (Punyaku dimulai sebagai sebuah jerawat merah pada aureole. Satu yang terbesar dari penyakit Paget dari puting susu adalah bahwa gejala-gejala yang timbul tidak berbahaya. Itu sering disangka suatu radang atau infeksi kulit, yang sayangnya berakibat keterlambatan dalam deteksi dan perawatan).

APA GEJALANYA?

1. Suatu kemerahan, pengeluaran cairan, dan pengerasan kulit dari puting susu Anda yang terus menerus yang membuatnya terasa gatal dan terbakar seperti yang saya nyatakan, punyaku tidak banyak gatal atau terbakar, dan tidak mengalir saya sadari itu, tetapi ada kerak kulit (keras) sepanjang tepi luar pada satu sisi).

2. Nyeri pada puting Anda . (Punyaku di sekitar aureole dengan suatu daerah yang terlihat putih dan tebal di tengah-tengah puting susu).

3. Biasanya berpengaruh hanya pada satu puting. Bagaimana didiagnosa? Dokter Anda akan melakukan pemeriksaan fisik dan harus menganjurkan segera membuat foto mammogram dari kedua payudara. Meskipun kemerahan,keluarnya cairan dan pengerasan kulit dengan jelas menunjukkan dermatitis(radang kulit), dokter Anda harus mencurigai kanker bila rasa nyeri hanya pada satu susu. Dokter Anda harus menyuruh biopsi (pengambilan jaringan untuk diperiksa di bawah mikroskop) bagian dari rasa nyeri Anda untuk memastikan apa yang sedang terjadi.

Berita ini harus ditanggapi dengan serius dan diteruskan kepada sebanyak mungkin keluarga dan teman Anda; hal ini dapat menyelamatkan hidup seseorang. Kanker payudara saya telah menyebar dan menjalar ke tulang-tulang saya setelah menerima mega dosis dari kemoterapi, 28 pengobatan radiasi dan makan Tamaxofin. Apabila sejak awal hal ini telah didiagnosa sebagai kanker payudara, mungkin tidak akan menyebar…

KEPADA SEMUA PEMBACA:

Ini menyedihkan jika para wanita tidak menyadari tentang penyakit Page. Apabila, dengan meneruskan berita ini ke sekeliling di e-mail, kita dapat membuat orang lain mengetahui hal ini dan bahaya potensialnya, maka kita sedang membantu para wanita di mana saja.

Beware…tell your mother, sister, girl friend, friends and your wife!

Nagabonar sianipar(sianipartoba@yahoo.com



Responses

  1. Bagus sekali informasi Mbak Tetty. Pesannya jelas yaitu setiap kelainan di payudara perlu ditanggapi secara dini dengan serius. Bagaimanapun perlu pula kelainan yang tidak sakit diperiksakan dengan serius.

  2. wah aku baru tahu! selama ini hanya crita temenku yang sudah kena. gambarnya gambkank sekali. trima kasih

  3. Serem juga yah…

  4. Sangat bemanfaat…

  5. tq infonya.

  6. Infonya sangat bermanfaat untuk para kaum wanita
    Trimakasih ya…

  7. Ada gejala ato tidak, wanita wajib rutin cek ke dokter (perabaan), jika ada indikasi baru mamo. Sy minggu lalu cek ternyata ada 2 kista berukuran kecil. Di jakarta bisa di Yayasan Kanker Indonesia

  8. Mudah2an dg adanya informasi ini membuat kita para wanita senantiasa waspada dg penyakit ini,terima kasih informasi yg sngt bermanfaat ini…..

  9. Thanks bgt atas info yg sangat2 bermanfaat ini…

  10. [...] This post was mentioned on Twitter by Tiffany adiwinata ♥ and Putri Ariesa Azmi, vivi bong. vivi bong said: ‎​WASPADALAH DENGAN "PAGET" (KANKER PAYUDARA BARU YG GANAS)http://tettystak.wordpress.com/2008/11/06/paget-kanker-payudara-baru-yg-ganas/ [...]

  11. smg dlm menjalani hidup, kita perlu senantiasa waspada untuk hal-hal yang tidak biasa/aneh/janggal..jalani hidup dgn penuh pengharapan pada TUHAN akan hal2 yg baik..

  12. Sangat bermanfaat..thanks

  13. Thank’s utk infonya yg b’manfaat..

  14. Makasi infonya,jaman makin maju penyakitnya juga makin banyak yah

  15. Very useful information. Mind if I link this article to my wordpress?

  16. Wah,apakah hal ini benar?
    Krn yg saya tau, paget disease itu penyakit kronis tulang.
    Coba browsing saja di google.
    Thx….

  17. Makasih byk infonya, bnr2 brmanfaat

  18. Kenapa penyakit ini ada di dumia ya? :(
    Kangker dimanapun dia, itu sangat mematikan

    Tolong Tuhan lilangkan lah penyakit ini dari muka bumi,
    Seperti kehendakmu di bumi seperti di sorga

  19. Apa penyakit ini bisa menular, bagaimana cara virus itu bisa masuk ketubuh kita, n bagaimana cara menghindari penyakit ini? Please sarannya, n thanks.

  20. Thanks mbak, aku jadi lebih aware sama payudaraku yg indah ini…hehehe,

  21. Waspada sejak dini karna bisa kita atau salah satu dari keluarga atau teman kita…..Tqs

  22. Sering kena cupang mknya bisa begitu

  23. Untuk teman-teman,bs pelajari tentang 4life Transfer Factor,kalo di US ama Rusia ini diandelin unt treat org cancer, krn meningkatkan jumlah NK cell (sel pembunuh alami) yg tugasnya ngancurin sel2 cancer. Moga2 ini bs bantu tmn2 kita ya. Webnya bs diliat di http://www.asia4life.webs.com atau search engine aj transfer factor for cancer. Byk bgt ulasan klinisnya dsitu..

  24. Kalau memperhatikan foto si penderita, kanker ini bermula dari ketidak-normalan hormon yg brfungsi utk memperbaiki pertumbuhan jaringan di sekirtar payu dara dan organ seksual yg berhubungan dg masa2 haid/menstruasinya. Sewaktu haidnya, kemungkinan parudaranya mengeras dan sakit akibat kurang normalnya hormon tertentu dari kelenjar thyroid, pineal dan pituitary. SItulah pentingnya malakukan pemeriksaan sehingga lama-kelamaan, pengerasan itu menjadi kondisi permanen.
    Lalu hubungan ke hati, memang hati itu berfungsi menerima darah dari mana2 saja di badan utk dibersihkan dari toksin2 dll, maka bibit2 kanker juga ikut terbawa kesana dan akhirnya malah menetap dan bertumbuh baru disitu. Pencegahannya, bukan hanya dg pemeriksaan mamograph saja, tetapi sering2lah periksakan kelenjar2 tsb diatas dankalau ditemui ada kelainan maka haruslah diobati secara dini agar tdk menjadi berat dblakang hari. Sealain itu faktor makanan yg mungkin dapat menimbulkan penumpukan toksin didalam badan, juga harus diperhatikan.

  25. Kalau memperhatikan foto si penderita, kanker ini bermula dari ketidak-normalan hormon yg brfungsi utk memperbaiki pertumbuhan jaringan di sekirtar payu dara dan organ seksual yg berhubungan dg masa2 haid/menstruasinya.

    Sewaktu haidnya, kemungkinan parudaranya mengeras dan sakit akibat kurang normalnya hormon tertentu dari kelenjar thyroid, pineal dan pituitary, sehingga lama-kelamaan, pengerasan itu menjadi kondisi permanen.
    Lalu hubungan ke hati, memang hati itu berfungsi menerima darah dari mana2 saja di badan utk dibersihkan dari toksin2 dll, maka bibit2 kanker juga ikut terbawa kesana dan akhirnya malah menetap dan bertumbuh baru disitu. Pencegahannya, bukan hanya dg pemeriksaan mamograph saja, tetapi sering2lah periksakan kelenjar2 tsb diatas dan kalau ditemui ada kelainan maka haruslah diobati secara dini agar tdk menjadi berat dblakang hari.
    Selain itu faktor makanan yg mungkin dapat menimbulkan penumpukan toksin didalam badan, juga harus diperhatikan.

  26. Waduh.. Ngeri bgt.. Smoga kt sbg perempuan bs lbh waspada nanggapin nya..

  27. wahhh hrs berhati2 ya>.<

  28. Bagus sekali dan sangat bermanfaat utk diketahui setiap wanita

  29. Setelah baca artikel ini,saya sungguh kaget.karena di daerah puting susu saya banyak timbul jerawat yg akhirnya mengering dengan sendirinya.tp bekas jerawat itu ga hilang. jadi saya benar2 takut akan mengalaminya.saya akan segera memeriksakannya ke Dokter.
    Terima kasih karena adanya artikel ini.Jadi saya bisa tau.

  30. [...] http://tettystak.wordpress.com/2008/11/06/paget-kanker-payudara-baru-yg-ganas/ [...]

  31. thanks info nya…

  32. Segala jenis Kanker disebabkan menurunnya fungsi pancreas utk memproduksi enzymes yg disebabkan krn gangguan hormon. Utk menyembuhkan sangat simple, minumlah supplemen enzymes dn mengkonsumsi raw food krn raw food lbh sedikit memerlukan enzyme utk mencerna makanan tsb. Enzyme digunakan tubuh utk melepas proteksi pelindung sel kanker agar immune kita dpt membunuhnya dn mengatur ke jumlah yg normal spt orang yg sehat.

  33. Terima kasih informasinya, mhn infokan ttg kanker rahim juga ya, seperti yang lain sangat bermanfaat dan slalu waspada, untuk para wanita.

  34. Infonya sangat berguna, Apa bisa bagi info tentang peradangan pada payudara ?

    Terima Kasih ya,

  35. Thankz y atz informasi ini..

  36. Thanx..infonya brmanfaat utk smua wanita dan perempuan ddunia!

  37. Begitu mengerikan…Smoga Allah menjauhkan kita, para kaum hawa, dari segala penyakit yang aneh2! Amin…

  38. Ya Allah semoga aku di jauhkan olehnya, ngeri ngebayanginnya anak-anakku msh kecil dan butuh perhatian.
    Terima kasih atas infonya membuat aku lebih alert dg apapun bentuknya itu kita sesama wanita memang harus lebih extra dalam merawat juga memeperhatikan diri terutama kesehatan

    Semoga Kesehatan selalu dikucurkan olehNYA ke dalam keluargaku Amin Allah Humma Amin

  39. thanks y infonya.aq jadi lebih mengerti pentingnya hidup sht

  40. thank’s banyak ya mbak atas pemberitahuan ini…..aku sangat takut dengan si kanker……ttg payudara aku rawat super extra hati2…….krn di dadaku sering timbul jerawat…..ku takut itu menjalar ke payudara ku trs menjadi kanker seperti yg mbak katakan………..tp jerawat itu ku olesin crim dah hilang……sekali lagi thank’s so much……

  41. Serrem banget..thx for the information

  42. Sangat bermanfaat utk orang banyak. Trims

  43. Y allah jd takut bacanya,aq lagi mnyusui sekarang trus putingnya lg lecet pinggirnya tolong sie mba kasih info lebih dtail tntang ciri2ny

  44. Saya turut mendoakan pasien kanker payudara dpt sembuh smua. Saya mau sharing ttg antioksidan yg dapat menyembuhkan kanker. Silakan buka di http://www.niwanasod.com atau email ke leads_yohan@yahoo.com utk konsultasi gratis..

  45. Penyakit semakin beragam membuat kita agak kuatir utk hari dpn kita atau keluarga kita. Salah satu kendala, biaya utk mengobati penyakit saat ini sangat mahal, apalagi utk masa dpn? Semua harta yg kita simpan hanya untuk berobat saja spy tetap bertahan hidup dan sembuh. Justru karena tidak ada asuransi kesehatan, kita tidak berani (urungkan niat) utk berobat krn takut menghadapi keluarnya biaya yg mana kalau sampai makin parah pun, biaya yg dikeluarkan akan makin besar.

    Untuk jaman sekarang, asuransi kesehatan sangat dibutuhkan untuk menghindari resiko keluarnya biaya besar untuk berobat, yg mn kita telah limpahkan pd pihak ketiga, yaitu perusahaan asuransi.

    Saya sendiri sering berhadapan dgn banyak nasabah saya yg mana claim biaya berobat, dan tidak menghabiskan tabungan pribadinya. Dan karena mereka merasa ada fasilitas pengobatan, untuk gejala yg kecilpun, mereka sudah pergi berobat krn tidak kuatir dengan biaya lagi.

  46. Iii … Ngeri bgt,, ini bnr2 manfaat.. Hrs sebar luas ke seluruh wanita di dunia..tq

  47. Good info..bagus untuk pengetahuan agar lebih merawat dan menjaga payudara. Sangat bermanfaat. Thanx infonya

  48. Aq wkt thn 99 pernah operasi tumor payudara d payudara kiri,ternyata ad 2 tumor yg akar’y sdh sprt tentakel cumi2,n stlh tumor itu dianalisis d lab,alhamdulillah g ganas,mudah2an sel2 tumor/kangker d tbh Q sdh g ad,n aq skrng sdh mempunyai 2 orang anak yg alhamdulillah bisa memberikan ASI exklusif n payudara Q tdk diangkat.

  49. Tks infonya…sgt brmanfaat.

  50. Alhamdulillah diberikan info yang sangat bermanfaat. Terima kasih

  51. dapat ilmu baru…..smoga byk wanita yg bs d selamatkn dgn adanya info ini…..

  52. tq, bu..
    buat infonya..
    info ini sangat berguna dan bermanfaat sekali bagi masyarakat, khususnya ibu2..

  53. Thnx so much..for sharing to all of us. Ya Allah hilangkanlah penyakit yg berbahaya ini. Selamatkanlah kami semua.dan sembuhkanlah keluarga saudara teman kakak adik semua yg sedang mengalami penyakit kanker. Kami mohon ya Allah.amin ya robal alamin.

  54. Serem sis


Berikan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s

Kategori

Ikuti

Get every new post delivered to your Inbox.

%d blogger menyukai ini: