Oleh: tettystak | Maret 12, 2008

“Shi Sang Chi You Mama Hau”

Subject: “Shi Sang Chi You Mama Hau”
Cintailah Mama kita sebagai mana kita mencitai diri kita sendiri.

Alkisah, ada sepasang kekasih yang saling mencintai. Sang pria berasal dari keluarga kaya, dan merupakan orang yang terpandang di kota tersebut. Sedangkan sang wanita adalah seorang yatim piatu, hidup serba kekurangan, tetapi cantik, lemah lembut, dan baik hati. Kelebihan inilah yang membuat sang pria jatuh hati.

Sang wanita hamil di luar nikah. Sang pria lalu mengajaknya menikah, dengan membawa sang wanita ke rumahnya. Seperti yang sudah mereka duga, orang tua sang pria tidak menyukai wanita tersebut. Sebagai orang yang terpandang di kota tersebut, latar belakang wanita tersebut akan merusak reputasi keluarga. Sebaliknya, mereka bahkan telah mencarikan jodoh yang sepadan untuk anaknya. Sang pria berusaha menyakinkan orang tuanya, bahwa ia sudah menetapkan keputusannya, apapun resikonya bagi dia.

Sang wanita merasa tak berdaya, tetapi sang pria menyakinkan wanita tersebut bahwa tidak ada yang bisa memisahkan mereka. Sang pria terus berargumen dengan orang tuanya, bahkan membantah perkataan orangtuanya, sesuatu yang belum pernah dilakukannya selama hidupnya (di zaman dulu, umumnya seorang anak sangat tunduk pada orang tuanya).

Sebulan telah berlalu, sang pria gagal untuk membujuk orangtuanya agar menerima calon istrinya. Sang orang tua juga stress karena gagal membujuk anak satu-satunya, agar berpisah dengan wanita tersebut, yang menurut mereka akan sangat merugikan masa depannya.

Sang pria akhirnya menetapkan pilihan untuk kawin lari. Ia memutuskan untuk meninggalkan semuanya demi sang kekasih. Waktu keberangkatan pun ditetapkan, tetapi rupanya rencana ini diketahui oleh orang tua sang pria. Maka ketika saatnya tiba, sang orangtua mengunci anaknya di dalam kamar dan dijaga ketat oleh para bawahan di rumahnya yang besar.

Sebagai gantinya, kedua orang tua datang ke tempat yang telah ditentukan sepasang kekasih tersebut untuk melarikan diri. Sang wanita sangat terkejut dengan kedatangan ayah dan ibu sang pria. Mereka kemudian memohon pengertian dari sang wanita, agar meninggalkan anak mereka satu-satunya. Menurut mereka, dengan perbedaan status sosial yang sangat besar, perkawinan mereka hanya akan menjadi gunjingan seluruh penduduk kota, reputasi anaknya akan tercemar, orang-orang tidak akan menghormatinya lagi. Akibatnya, bisnis yang akan diwariskan kepada anak mereka akan bangkrut secara perlahan-lahan.

Mereka bahkan memberikan uang dalam jumlah banyak, dengan permohonan agar wanita tersebut meninggalkan kota ini, tidak bertemu dengan anaknya lagi, dan menggugurkan kandungannya. Uang tersebut dapat digunakan untuk membiayai hidupnya di tempat lain.

Sang wanita menangis tersedu-sedu. Dalam hati kecilnya, ia sadar bahwa perbedaan status sosial yang sangat jauh, akan menimbulkan banyak kesulitan bagi kekasihnya. Akhirnya, ia setuju untuk meninggalkan kota ini, tetapi menolak untuk menerima uang tersebut. Ia mencintai sang pria, bukan uangnya. Walaupun ia sepenuhnya sadar, jalan hidupnya ke depan akan sangat sulit?.

Ibu sang pria kembali memohon kepada wanita tersebut untuk meninggalkan sepucuk surat kepada mereka, yang menyatakan bahwa ia memilih berpisah dengan sang pria. Ibu sang pria kuatir anaknya akan terus mencari kekasihnya, dan tidak mau meneruskan usaha orang tuanya. “Walaupun ia kelak bukan suamimu, bukankah Anda ingin melihatnya sebagai seseorang yang berhasil? Ini adalah untuk kebaikan kalian berdua”, kata sang ibu.

Dengan berat hati, sang wanita menulis surat. Ia menjelaskan bahwa ia sudah memutuskan untuk pergi meninggalkan sang pria. Ia sadar bahwa keberadaannya hanya akan merugikan sang pria. Ia minta maaf karena telah melanggar janji setia mereka berdua, bahwa mereka akan selalu bersama dalam menghadapi penolakan-penolakan akibat perbedaan status sosial mereka. Ia tidak kuat lagi menahan penderitaan ini, dan memutuskan untuk berpisah.

Tetesan air mata sang wanita tampak membasahi surat tersebut. Sang wanita yang malang tersebut tampak tidak punya pilihan lain. Ia terjebak antara moral dan cintanya. Sang wanita segera meninggalkan kota itu, sendirian. Ia menuju sebuah desa yang lebih terpencil. Disana, ia bertekad untuk melahirkan dan membesarkan anaknya.

Detik .. Menit …. Jam …. Hari …. Minggu ………Tahun …… Tak terasa Tiga tahun telah berlalu. Ternyata wanita tersebut telah menjadi seorang ibu. Anaknya seorang laki-laki. Sang ibu bekerja keras siang dan malam, untuk membiayai kehidupan mereka. Di pagi dan siang hari, ia bekerja di sebuah industri rumah tangga, malamnya, ia menyuci pakaian2 tetangga dan menyulam sesuai dengan pesanan pelanggan. Kebanyakan ia melakukan semua pekerjaan ini sambil menggendong anak di punggungnya. Walaupun ia cukup berpendidikan, ia menyadari bahwa pekerjaan lain tidak memungkinkan, karena ia harus berada di sisi anaknya setiap saat.

Tetapi sang ibu tidak pernah mengeluh dengan pekerjaannya. Di usia tiga tahun, suatu saat, sang anak tiba-tiba sakit keras. Demamnya sangat tinggi. Ia segera dibawa ke rumah sakit setempat. Anak tersebut harus menginap di rumah sakit selama beberapa hari. Biaya pengobatan telah menguras habis seluruh tabungan dari hasil kerja kerasnya selama ini, dan itupun belum cukup. Ibu tersebut akhirnya juga meminjam ke sana-sini, kepada siapapun yang bermurah hati untuk memberikan pinjaman.

Saat diperbolehkan pulang, sang dokter menyarankan untuk membuat sup ramuan, untuk mempercepat kesembuhan putranya. Ramuan tersebut terdiri dari obat-obatan herbal dan daging sapi untuk dikukus bersama. Tetapi sang ibu hanya mampu membeli obat-obat herbal tersebut, ia tidak punya uang sepeserpun lagi untuk membeli daging. Untuk meminjam lagi, rasanya tak mungkin, karena ia telah berutang kepada semua orang yang ia kenal, dan belum terbayar.

Ketika di rumah, sang ibu menangis. Ia tidak tahu harus berbuat apa, untuk mendapatkan daging. Toko daging di desa tersebut telah menolak permintaannya, untuk bayar di akhir bulan saat gajian. Diantara tangisannya, ia tiba-tiba mendapatkan ide. Ia mencari alkohol yang ada di rumahnya, sebilah pisau dapur, dan sepotong kain. Setelah pisau dapur dibersihkan dengan alkohol, sang ibu nekad mengambil sekerat daging dari pahanya. Agar tidak membangunkan anaknya yang sedang tidur, ia mengikat mulutnya dengan sepotong kain. Darah berhamburan. Sang ibu tengah berjuang mengambil dagingnya sendiri, sambil berusaha tidak mengeluarkan suara kesakitan yang teramat sangat?..

Hujan lebatpun turun. Lebatnya hujan menyebabkan rintihan kesakitan sang ibu tidak terdengar oleh para tetangga, terutama oleh anaknya sendiri. Tampaknya langit juga tersentuh dengan pengorbanan yang sedang dilakukan oleh sang ibu ………… .

Enam tahun telah berlalu, anaknya tumbuh menjadi seorang anak yang tampan, cerdas, dan berbudi pekerti. Ia juga sangat sayang ibunya. Di hari minggu, mereka sering pergi ke taman di desa tersebut, bermain bersama, dan bersama-sama menyanyikan lagu “Shi Sang Chi You Mama Hau” (terjemahannya “Di Dunia ini, hanya ibu seorang yang baik”).

Sang anak juga sudah sekolah. Sang ibu sekarang bekerja sebagai penjaga toko, karena ia sudah bisa meninggalkan anaknya di siang hari. Hari-hari mereka lewatkan dengan kebersamaan, penuh kebahagiaan. Sang anak terkadang memaksa ibunya, agar ia bisa membantu ibunya menyuci di malam hari. Ia tahu ibunya masih menyuci di malam hari, karena perlu tambahan biaya untuk sekolahnya. Ia memang seorang anak yang cerdas. Ia juga tahu, bulan depan adalah hari ulang tahun ibunya. Ia berniat membelikan sebuah jam tangan, yang sangat didambakan ibunya selama ini. Ibunya pernah mencobanya di sebuah toko, tetapi segera menolak setelah pemilik toko menyebutkan harganya. Jam tangan itu sederhana, tidak terlalu mewah, tetapi bagi mereka, itu terlalu mahal. Masih banyak keperluan lain yang perlu dibiayai.

Sang anak segera pergi ke toko tersebut, yang tidak jauh dari rumahnya. Ia meminta kepada kakek pemilik toko agar menyimpan jam tangan tersebut, karena ia akan membelinya bulan depan. “Apakah kamu punya uang?” tanya sang pemilik toko. “Tidak sekarang, nanti saya akan punya”, kata sang anak dengan serius.

Ternyata, bulan depan sang anak benar-benar muncul untuk membeli jam tangan tersebut. Sang kakek juga terkejut, kiranya sang anak hanya main-main. Ketika menyerahkan uangnya, sang kakek bertanya “Dari mana kamu mendapatkan uang itu? Bukan mencuri kan?”. “Saya tidak mencuri, kakek. Hari ini adalah hari ulang tahun ibuku. Saya biasanya naik becak pulang pergi ke sekolah. Selama sebulan ini, saya berjalan kaki saat pulang dari sekolah ke rumah, uang jajan dan uang becaknya saya simpan untuk beli jam ini. Kakiku sakit, tapi ini semua untuk ibuku. O ya, jangan beritahu ibuku tentang hal ini. Ia akan marah” kata sang anak. Sang pemilik toko tampak kagum pada anak tersebut.

Seperti biasanya, sang ibu pulang dari kerja di sore hari. Sang anak segera memberikan ucapan selamat pada ibu, dan menyerahkan jam tangan tersebut. Sang ibu terkejut bercampur haru, ia bangga dengan anaknya. Jam tangan ini memang adalah impiannya. Tetapi sang ibu tiba-tiba tersadar, dari mana uang untuk membeli jam tersebut. Sang anak tutup mulut, tidak mau menjawab.

“Apakah kamu mencuri, Nak?” Sang anak diam seribu bahasa, ia tidak ingin ibu mengetahui bagaimana ia mengumpulkan uang tersebut. Setelah ditanya berklai-kali tanpa jawaban, sang ibu menyimpulkan bahwa anaknya telah mencuri. “Walaupun kita miskin, kita tidak boleh mencuri. Bukankah ibu sudah mengajari kamu tentang hal ini?” kata sang ibu.

Lalu ibu mengambil rotan dan mulai memukul anaknya. Biarpun ibu sayang pada anaknya, ia harus mendidik anaknya sejak kecil. Sang anak menangis, sedangkan air mata sang ibu mengalir keluar. Hatinya begitu perih, karena ia sedang memukul belahan hatinya. Tetapi ia harus melakukannya, demi kebaikan anaknya. Suara tangisan sang anak terdengar keluar. Para tetangga menuju ke rumah tersebut heran, dan kemudian prihatin setelah mengetahui kejadiannya. “Ia sebenarnya anak yang baik”, kata salah satu tetangganya.

Kebetulan sekali, sang pemilik toko sedang berkunjung ke rumah salah satu tetangganya yang merupakan familinya. Ketika ia keluar melihat ke rumah itu, ia segera mengenal anak itu. Ketika mengetahui persoalannya, ia segera menghampiri ibu itu untuk menjelaskan. Tetapi tiba-tiba sang anak berlari ke arah pemilik toko, memohon agar jangan menceritakan yang sebenarnya pada ibunya.

“Nak, ketahuilah, anak yang baik tidak boleh berbohong, dan tidak boleh menyembunyikan sesuatu dari ibunya”. Sang anak mengikuti nasehat kakek itu. Maka kakek itu mulai menceritakan bagaimana sang anak tiba-tiba muncul di tokonya sebulan yang lalu, memintanya untuk menyimpan jam tangan tersebut, dan sebulan kemudian akan membelinya. Anak itu muncul siang tadi di tokonya, katanya hari ini adalah hari ulang tahun ibunya. Ia juga menceritakan bagaimana sang anak berjalan kaki dari sekolahnya pulang ke rumah dan tidak jajan di sekolah selama sebulan ini, untuk mengumpulkan uang membeli jam tangan kesukaan ibunya.

Tampak sang kakek meneteskan air mata saat selesai menjelaskan hal tersebut, begitu pula dengan tetangganya. Sang ibu segera memeluk anak kesayangannya, keduanya menangis dengan tersedu-sedu.”Maafkan saya, Nak.”
“Tidak Bu, saya yang bersalah”

Sementara itu, ternyata ayah dari sang anak sudah menikah, tetapi istrinya mandul. Mereka tidak punya anak. Sang orangtua sangat sedih akan hal ini, karena tidak akan ada yang mewarisi usaha mereka kelak. Ketika sang ibu dan anaknya berjalan-jalan ke kota, dalam sebuah kesempatan, mereka bertemu dengan sang ayah dan istrinya. Sang ayah baru menyadari bahwa sebenarnya ia sudah punya anak dari darah dagingnya sendiri. Ia mengajak mereka berkunjung ke rumahnya, bersedia menanggung semua biaya hidup mereka, tetapi sang ibu menolak. Kami bisa hidup dengan baik tanpa bantuanmu.

Berita ini segera diketahui oleh orang tua sang pria. Mereka begitu ingin melihat cucunya, tetapi sang ibu tidak mau mengizinkan.

Di pertengahan tahun, penyakit sang anak kembali kambuh. Dokter mengatakan bahwa penyakit sang anak butuh operasi dan perawatan yang konsisten. Kalau kambuh lagi, akan membahayakan jiwanya. Keuangan sang ibu sudah agak membaik, dibandingkan sebelumnya. Tetapi biaya medis tidaklah murah, ia tidak sanggup membiayainya. Sang ibu kembali berpikir keras. Tetapi ia tidak menemukan solusi yang tepat. Satu-satunya jalan keluar adalah menyerahkan anaknya kepada sang ayah, karena sang ayahlah yang mampu membiayai perawatannya.

Maka di hari Minggu ini, sang ibu kembali mengajak anaknya berkeliling kota, bermain-main di taman kesukaan mereka. Mereka gembira sekali, menyanyikan lagu “Shi Sang Chi You Mama Hau”, lagu kesayangan mereka. Untuk sejenak, sang ibu melupakan semua penderitaannya, ia hanyut dalam kegembiraan bersama sang anak. Sepulang ke rumah, ibu menjelaskan keadaannya pada sang anak. Sang anak menolak untuk tinggal bersama ayahnya, karena ia hanya ingin dengan ibu. “Tetapi ibu tidak mampu membiayai perawatan kamu, Nak” kata ibu. “Tidak apa-apa Bu, saya tidak perlu dirawat. Saya sudah sehat, bila bisa bersama-sama dengan ibu. Bila sudah besar nanti, saya akan cari banyak uang untuk biaya perawatan saya dan untuk ibu. Nanti, ibu tidak perlu bekerja lagi, Bu”, kata sang anak. Tetapi ibu memaksa akan berkunjung ke rumah sang ayah keesokan harinya. Penyakitnya memang bisa kambuh setiap saat.

Disana ia diperkenalkan dengan kakek dan neneknya. Keduanya sangat senang melihat anak imut tersebut. Ketika ibunya hendak pulang, sang anak meronta-ronta ingin ikut pulang dengan ibunya. Walaupun diberikan mainan kesukaan sang anak, yang tidak pernah ia peroleh saat bersama ibunya, sang anak menolak. “Saya ingin Ibu, saya tidak mau mainan itu”, teriak sang anak dengan nada yang polos. Dengan hati sedih dan menangis, sang ibu berkata “Nak, kamu harus dengar nasehat ibu. Tinggallah di sini. Ayah, kakek dan nenek akan bermain bersamamu.” “Tidak, aku tidak mau mereka. Saya hanya mau ibu, saya sayang ibu, bukankah ibu juga sayang saya? Ibu sekarang tidak mau saya lagi”, sang anak mulai menangis.

Bujukan demi bujukan ibunya untuk tinggal di rumah besar tersebut tidak didengarkan anak kecil tersebut. Sang anak menangis tersedu-sedu “Kalau ibu sayang padaku, bawalah saya pergi, Bu”. Sampai pada akhirnya, ibunya memaksa dengan mengatakan “Benar, ibu tidak sayang kamu lagi. Tinggallah disini”, ibunya segera lari keluar meninggalkan rumah tersebut. Tampak anaknya meronta-ronta dengan ledakan tangis yang memilukan.

Di rumah, sang ibu kembali meratapi nasibnya. Tangisannya begitu menyayat hati, ia telah berpisah dengan anaknya. Ia tidak diperbolehkan menjenguk anaknya, tetapi mereka berjanji akan merawat anaknya dengan baik. Diantara isak tangisnya, ia tidak menemukan arti hidup ini lagi. Ia telah kehilangan satu-satunyanya alasan untuk hidup, anaknya tercinta.

Kemudian ibu yang malang itu mengambil pisau dapur untuk memotong urat nadinya. Tetapi saat akan dilakukan, ia sadar bahwa anaknya mungkin tidak akan diperlakukan dengan baik. Tidak, ia harus hidup untuk mengetahui bahwa anaknya diperlakukan dengan baik. Segera, niat bunuh diri itu dibatalkan, demi anaknya juga……….

Setahun berlalu. Sang ibu telah pindah ke tempat lain, mendapatkan kerja yang lebih baik lagi. Sang anak telah sehat, walaupun tetap menjalani perawatan medis secara rutin setiap bulan. Seperti biasa, sang anak ingat akan hari ulang tahun ibunya. Uang pun dapat ia peroleh dengan mudah, tanpa perlu bersusah payah mengumpulkannya. Maka, pada hari tersebut, sepulang dari sekolah, ia tidak pulang ke rumah, ia segera naik bus menuju ke desa tempat tinggal ibunya, yang memakan waktu beberapa jam. Sang anak telah mempersiapkan setangkai bunga, sepucuk surat yang menyatakan ia setiap hari merindukan ibu, sebuah kartu ucapan selamat ulang tahun, dan nilai ujian yang sangat bagus. Ia akan memberikan semuanya untuk ibu.

Sang anak berlari riang gembira melewati gang-gang kecil menuju rumahnya. Tetapi ketika sampai di rumah, ia mendapati rumah ini telah kosong. Tetangga mengatakan ibunya telah pindah, dan tidak ada yang tahu kemana ibunya pergi. Sang anak tidak tahu harus berbuat apa, ia duduk di depan rumah tersebut, menangis “Ibu benar-benar tidak menginginkan saya lagi.”

Sementara itu, keluarga sang ayah begitu cemas, ketika sang anak sudah terlambat pulang ke rumah selama lebih dari 3 jam. Guru sekolah mengatakan semuanya sudah pulang. Semua tempat sudah dicari, tetapi tidak ada kabar. Mereka panik. Sang ayah menelpon ibunya, yang juga sangat terkejut. Polisi pun dihubungi untuk melaporkan anak hilang.

Ketika sang ibu sedang berpikir keras, tiba-tiba ia teringat sesuatu. Hari ini adalah hari ulang tahunnya. Ia terlalu sibuk sampai melupakannya. Anaknya mungkin pulang ke rumah. Maka sang ayah dan sang ibu segera naik mobil menuju rumah tersebut. Sayangnya, mereka hanya menemukan kartu ulang tahun, setangkai bunga, nilai ujian yang bagus, dan sepucuk surat anaknya. Sang ibu tidak mampu menahan tangisannya, saat membaca tulisan-tulisan imut anaknya dalam surat itu.

Hari mulai gelap. Mereka sibuk mencari di sekitar desa tersebut, tanpa mendapatkan petunjuk apapun. Sang ibu semakin resah. Kemudian sang ibu membakar dupa, berlutut di hadapan altar Dewi Kuan Im, sambil menangis ia memohon agar bisa menemukan anaknya.

Seperti mendapat petunjuk, sang ibu tiba-tiba ingat bahwa ia dan anaknya pernah pergi ke sebuah kuil Kuan Im di desa tersebut. Ibunya pernah berkata, bahwa bila kamu memerlukan pertolongan, mohonlah kepada Dewi Kuan Im yang welas asih. Dewi Kuan Im pasti akan menolongmu, jika niat kamu baik. Ibunya memprediksikan bahwa anaknya mungkin pergi ke kuil tersebut untuk memohon agar bisa bertemu dengan dirinya.

Benar saja, ternyata sang anak berada di sana. Tetapi ia pingsan, demamnya tinggi sekali. Sang ayah segera menggendong anaknya untuk dilarikan ke rumah sakit. Saat menuruni tangga kuil, sang ibu terjatuh dari tangga, dan berguling-guling jatuh ke bawah……….

Sepuluh tahun sudah berlalu. Kini sang anak sudah memasuki bangku kuliah. Ia sering beradu mulut dengan ayah, mengenai persoalan ibunya. Sejak jatuh dari tangga, ibunya tidak pernah ditemukan. Sang anak telah banyak menghabiskan uang untuk mencari ibunya kemana-mana, tetapi hasilnya nihil.

Siang itu, seperti biasa sehabis kuliah, sang anak berjalan bersama dengan teman wanitanya. Mereka tampak serasi. Saat melaju dengan mobil, di persimpangan sebuah jalan, ia melihat seorang wanita tua yang sedang mengemis. Ibu tersebut terlihat kumuh, dan tampak memakai tongkat. Ia tidak pernah melihat wanita itu sebelumnya. Wajahnya kumal, dan ia tampak berkomat-kamit. Di dorong rasa ingin tahu, ia menghentikan mobilnya, dan turun bersama pacar untuk menghampiri pengemis tua itu. Ternyata sang pengemis tua sambil mengacungkan kaleng kosong untuk minta sedekah, ia berucap dengan lemah “Dimanakah anakku? Apakah kalian melihat anakku?”. Sang anak merasa mengenal wanita tua itu. Tanpa disadari, ia segera menyanyikan lagu “Shi Sang Ci You Mama Hau” dengan suara perlahan, tak disangka sang pengemis tua ikut menyanyikannya dengan suara lemah. Mereka berdua menyanyi bersama. Ia segera mengenal suara ibunya yang selalu menyanyikan lagu tersebut saat ia kecil, sang anak segera memeluk pengemis tua itu dan berteriak dengan haru “Ibu? Ini saya ibu”.

Sang pengemis tua itu terkejut, ia meraba-raba muka sang anak, lalu bertanya, “Apakah kamu ??..(nama anak itu)?” “Benar bu, saya adalah anak ibu?”. Keduanya pun berpelukan dengan erat, air mata keduanya berbaur membasahi bumi …………… .

Karena jatuh dari tangga, sang ibu yang terbentur kepalanya menjadi hilang ingatan, tetapi ia setiap hari selama sepuluh tahun terus mencari anaknya, tanpa peduli dengan keadaaan dirinya. Sebagian orang menganggapnya sebagai orang gila.

Perenungkan untuk kita renungkan bersama-sama:

Dalam kondisi kritis, Ibu kita akan melakukan apa saja demi kita. Ibu bahkan rela mengorbankan nyawanya.. Simaklah penggalan doa keputusasaan berikut ini, di saat Ibu masih muda, ataupun disaat Ibu sudah tua :

1. Anakku masih kecil, masa depannya masih panjang. Oh Tuhan, ambillah aku sebagai gantinya.
2. Aku sudah tua, Oh Tuhan, ambillah aku sebagai gantinya.

Diantara orang-orang disekeliling Anda, yang Anda kenal, Saudara/I kandung Anda, diantara lebih dari 6 Milyar manusia, siapakah yang rela mengorbankan nyawanya untuk Anda, kapan pun, dimana pun, dengan cara apapun ………..

Tidak diragukan lagi “Ibu kita adalah Orang Yang Paling Mulia di dunia ini”. Ingin bergabung dalam sebuah MISI MULIA ? Ada 2 tindakan yang dapat Anda lakukan :

1. Bila Anda beruntung (Ibu Anda masih ada di dunia ini), ajaklah ia untuk keluar makan atau jalan-jalan MALAM INI JUGA. Jangan ditunda2. Bila Ibu Anda tinggal di tempat yang terpisah jauh dengan Anda, telponlah dia malam ini juga, just to say “hello”. Catatlah hari ulang tahunnya, rayakan, dan bahagiakanlah dia semampu Anda. Hidangkan makanan favoritnya, dan seterusnya.

2. Kirimkan kisah film ini kepada saudara/i Anda, teman2 Anda, maupun rekan-rekan kerja Anda (minimal 5, kalau 100 org lebih baik lagi). Bagi sebagian dari mereka, kisah ini mungkin akan seperti setetes embun yang menyegarkan jiwa mereka, yang terkadang terlalu sibuk dengan aktivitasnya sendiri. Anda sungguh berjasa dalam hal ini??

Mom, my beloved. I love you Mom forever in my deep heart. I always missing you Mom ….

Thanks and best regards
Juliver Hutauruk


Responses

  1. I love u mom!

  2. Berbahagialah mereka yg tlah berbakti kpd orng tuanya..

  3. i love u mom….

  4. Tulisan yang sangat menyentuh hati.

  5. Luar biasa, saya jadi speechless.

  6. Luar biasa.. Saya sampe nangis tersedu sedu.

  7. Memang ibu adalah pendamping hidup yang paling baik di dunia
    Walaupun kita keadaan susah maupun senang dia ada selalu menemani
    Tetapi apakah setiap anak akan mengingat ibunya
    Dan apabila sianak telah menikah apakah dia akan selalu menjaga ibunya
    Tetapi kebayakan saya melihat bila sang anak telah menikah maka dia akan melupakan ibunya
    Dan lebih memperhatikan istrinya dan orang tua sang istri
    Apakah seorang istri bisa memberikan perhatian kepada ibu dari sang suami
    Seperti dia memberikan perhatian kepada orang tuanya sendiri
    Tetapi kebanyakan itu tidak terjadi,malah menelantarkan sang mertua
    Maka dari itu saya mengharapkan kepada sang anak khususnya laki-laki
    Jangan membiarkan ibunya terlantar atau tidak di perhatikan
    Ingatlah apa yang engkau perbuat itu yang akan kau tuai di kemudian hari
    Ingatlah akan karma
    Cobalah untuk lebih memperhatikan ibumu sendiri maka kau akan di berikan rezeki yang baik
    Dan buat para orang tua dari istri2 ingatkanlah para anak2 perempuannya,bila menjadi seorang istri mintalah di dia
    Untuk menghormati orang tua dari sang suami
    Dan apa bila orang tua sang istri tdk melakukannya maka mereka juga akan dapat karmanya
    Semoga pesan saya ini dapat bermanfaat khususnya yang akan menajadi suami
    Thx

    • untuk kiki
      pesan anda sdh sy baca.

      Akan tetapi kenyataannya yg terjadi adalah istri saya ribut dengan orang tua saya. coba kamu posisikan kalau kamu jadi saya siapa yg harus di bela…
      apakah sy harus menceraikan istri dengan 2 anak lalu turut dengan orang tua saya atau saya meninggalkan rumah orang tua saya lalu pergi hidup sangat sederhana dengan istri saya…

      saya yakin ada banyak kejadian yg seperti saya alami ini..dan bicara itu lebih mudah dari pada melakukannya…

      terima kasih..

      • Untuk repotec
        Memang melakukan tidak segampang berbicara, tapi klo tidak pernah melakukan juga sama aja boong. Jalan terbaik adalah bagaimana sebagai org yg berada diposisi spt kamu, kamu harus bisa memposisikan kamu sebagai org yg ingin istrimu dan mamamu hidup akur. Segala sesuatu hanya perlu komunikasi. Aku yakin orang tuamu ingin kamu hidup bahagia dengan istrimu. Jelaskan ke masing2 pihak. Aku yakin klo ada usaha pasti ada jalan. Bayangkan aja, nga ada mama juga nga bakal ada kamu, nga ada istri juga nga bakal ada keturunanmu. So, do the best for all beloved people beside you before late. Menyesal selalu datang terlambat bro.

      • Sy ikut prihatin. Sy pny saran, mgkn bs membantu. Tetaplah mengasihi ibu dan istri anda, tetaplah hormat kepada org tua, meskipun istri anda sering bertengkar dg ortu anda. Jgn membela siapapun. Tunjukkan rasa hormat anda ke ortu anda.

    • Saya sangat sayang dengan mama saya, begitu menikah juga saya sayang dengan mertua saya, malahan dari pacaran pun saya sudah sayang sudah membantu cuci baju anaknya ( pacar saya), masak makannya, membantu calon mertua saya bikin kue hingga jam 10 mlm sampai saat saya hamil tua pun tetap saya bantu sedangkan anak gadisnya bersantai satu harian di kamar ber Ac sambil nonton Tv, satu sendokpun tak mau bantu cuci, tapi apa yang saya dapat? hanya mertua yang sangat pelit n picik, mau makan saja slalu di awasi saya makan seberapa banyak, 3 bln pertama hamil begitu menyiksa sehingga tidak sanggup utk membantu kerjaan rmh, bgt pulang kantor lgsg terkulai lemas, bknya perhatian malah marahin suami saya bilang saya koq gak bantu kerjaan rmh, stiap beli makanan enak slalu makan ber3 dgn anak gadis, cucu dr anak perempuannya di dalam kamar, tapi saya bersyukur mempunyai ibu kandung yang begitu baik slalu ingat saya lagi hamil butuh nutrisi lebih slalu suruh saya plg ke rumah saat makan siang ke rumah karena tau saya slalu makan indomie di rumah mertua saya apabila saya sudah tidak sanggup utk masak lagi apabila telat bangun pagi hari karena kondisi saat hamil sangat menyiksa seharusnya mbak kiki paham bagaimana rasanya hamil kalo mbak kiki sudah menikah n punya anak, yang lebih parahnya pada saat 2 minggu sblum imlek mertua saya memaksa kami ( saat anak saya baru berumur 5 bln utk pindah rmh ) karena rumah yang kami tinggali mau di sewain ke pelacur 2 di jundul….pada saat kami sedang sangat kekurangan uang kami harus pontang panting cari pinjaman, rumah supaya tidak imlek di jalanan… jadi menurut mbak kiki saya harus bagaimana terhadapa mertua yang seperti itu??? itu hanya sepenggal crt dari kisah saya sebagai menantu tapi saya tetap bersyukur mempunyai seoarang ibu yang sangat penyayang sehingga sampai saat ini anak saya tetap tumbuh sehat n saya tetap bisa bekerja membantu suami saya untuk mencari nafkah karena di bantu oleh beliau. I love u mom forever…..

  8. Ak sayang mama…

  9. I still have a mom.
    I’ll make her happy.

  10. Thanks for this inspirations…God Bless You

  11. Awesome…..

  12. Very touching story. God bless our mother now and forever.

  13. Ini cerita kok mirip film taiwan MY BELOVED ya? Film udh 15th lalu kayanya. Bagus banget ceritanya sampe nangisssss deh….mother is the best in the world.

  14. Sangat mengharukan… dan membuat kita sadar betapa pentingny IBU………

  15. Jadi terharu saya,jadi inget mamah alm ku

  16. cerita yang sangat mengharukan … memang didunia ini IBU ADALAH ORANG YANG PALING MULIA DIDUNIA .. I LIKE IT

  17. Mengharukan sekali…
    Ya kita sbg anak hrs bisa menyayangi,mencintai,menjaga,merawat,melindungi,berbakti kpd org tua.
    Krn yg bisa menggugah hati Tuhan hanyalah BAKTI. BAKTI seorg anak kpd org tuanya itulah yg sgt berarti di mata Tuhan.
    So abis baca ini cptlah kunjungi,tlp ortu kt.ok?

  18. mengharukan,,,nice story,,,,thanks yah

  19. I love you forever mom…

  20. Jgn sesekali melawan ibu, bila tdk mau ada penyesalan di kemudian hari

  21. Sangat menggugah jiwa.

  22. Really good story.
    We like this!

  23. Thx b4…
    Sy udh ntn film ini baik fersi cina maupun ftv indonesia…
    Sy sgt terharu sekali, dan sy memang sgt mencintai dan menyayangi ibu sy spnh ht…

  24. Thanx 4 sharing this touching story..
    I miss my beloved Mom…

  25. kisah yang sangat menyentuh … terima kasih ..saya sampai meneteskan air mata .. sungguh mulia…dan bijaksana .. terima kasih mengingatkan saya …
    terima kasih Tuhan memberkati

  26. Touching my heart..thx =P

  27. Busettt,dah..baca smua btuh konsentrsi n bnr” bkin linangan air matttttaa g kuat d tahan kan…bnr” is very good …..bnr” pngorbanan seorang mama tiada dua x

  28. I am already crying…
    I love u Mama…

  29. Ilovemymom n ilovemyotniel🙂

  30. Thx…

  31. Menyadarkanku bahwa aku tdk boleh mengeluh dalam mengurus dan mengasuh anak-anakku. Memberiku semangat bahwa aku hrs terus berjuang mendidik mereka. Membuatku rindu pada ibuku juga.

  32. crita ini k0k aga beda dr filmnya ya, . . . tp gmnpun intinya sama sich. lbh mantap kl liat film nya ni. . . bs kuras aer mata. . .

  33. Tentang daging yg diambil dr pahanya saya sudah menebak dr awal, dan menurut saya sangat mengganggu,karna banyak ide lain untuk menggantikan hal yg lebih bernilai moral…thx

  34. Mom…even u not here anymore but u still in my heart I love u so much and thankfull for what u did to me… Thank you for being my Mom… I miss u so much ….

  35. big luv 4 my mom…..hope i can be a gud mommy…🙂

  36. Cerita Nya Benar² Sangat Menyentuh Berulangkali Aku Membaca Nya Ngga’ Bosan² ..
    Kisah Yang Abadi.

  37. My mom is my hero…

  38. Tks utk pencerahan ini betapa terharunya membaca kisah ini…kasih ibu sepanjang jaman

  39. memang benar,cinta ibu terhadap anak tanpa batas.maka jangan jadi orang yang tidak berbakti….( Put Haw)

  40. ceritanya mengharukan sekali,,begitu besar pengorbanan sang ibu buat anaknya,, ini membuat ku semakin yakin untuk mencintai ibuku dngan sepenuh hati I LOVE YUO MOM,,ALWYS TO FOREVER

  41. Aku sayang mama..
    I never forget about you..

  42. Izin copas boleh mba’???

  43. Ijin copas mba’ tetty….😀

  44. Saya tau benar bagaimana hidup tanpA kehadiran mama. Saya pErnah mempUnyai mama tapI hanya 7 tahun saya merasakan kasih sayangnya.Karena sebuah kanker pAyudara telah merenggut nyawanya. Dan Kini sudah 20 tahun berlalu,namun saya takkan pErnah lupA akan sosok mama qu yang lembut dan pEnyayang.Mama…mina tidak akan pErnah melupAkan saat-saat kebersamaan qt slama 7 tahun.kasih mama akan slalu kusimpAn dalam hati terdalam

  45. Mama bisa menjaga, merawat mendidik, melimpahkan kasih sayangnya kepada kita (dan saudara2 kita, jika ada) tp saat mama sdh lanjut knp sang anak dan sodaranya tdk bisa melakukan hal yg sama padahal ortunya hanya 2 org tp kmrn mereka berdua bisa menjaga, merawat, mendidik dll kpd kita dan juga sodara kita, sy sangat bangga dgn ibu
    Jgn pernah mensia-siakan sisa waktu utk membahagiakan mama kita

  46. “surga d telapak kaki ibu” bener adanya. Byk hikmah yg kita dapat sebagai ibu dan anak..tuk belajar lebih tulus n baik..

  47. great story. very good.

  48. aku sayang banget ama mama…..tidak ada 1 pun yang bisa mengganti kasih sayang dan pengorbanan mama selama ini…..mama……..aku sayang mama….SELAMANYA

  49. I love u mom. I’m so happy to have
    A great mom.🙂 muach.

  50. mom, I love u forever in my loven beside my lovely God, kaga tahan bacany , takut nangis soalnya, Gbu Mom

  51. love for all of my mom

  52. IBU KAU INDAH,,
    KAU CANTIK,,
    DAN KAU BEGITU BAIK,,
    KAU YG SELALU ADA UNTUKU,MENJAGAKU,DAN SABAR SAAT MENGHADAPI TINGKAH LAKUKU…
    THANK’S GOD ENGKAU MEMBERIKANKU SEORANG IBU YG BAIK….

  53. mama sangat luar biasa dlm hidup kita. jgn pernah sia siakan pengorbanan ibu kita trhdp kita. ibu adlh cinta dan kasih sayang yg tulus. i love mom now and forever…God Bless.

  54. Mama bagaikan TUHAN yang hidup di dunia,hanya mama yang rela mati demi qita,hanya mama yang mau memaafkan sgala ksalahan qita (walau kadang qita memang benar-benar diposisi yang slah),hanya mama yang bisa ngertiin sgala kekurangan qita…
    Mama slalu ada untuk qita dalam keadaan apapun…(Trutama disaat qita lagi kesusahan)
    Ma… Sy sayang banget ma mama…mpga mama panjang umur,sehat slalu,dan BERBAHAGIA slalu dalam lindungan TUHAN,amin.

  55. Sangat mengharukan,
    I LOVE YOU MOM, very much, from deep inside my heart
    God Bless you always

  56. mama adalah orang yang sangat berjasa di dunia ini.aku sayang mama selalu sampai kapan pun.tuhan lindungi dia di mana pun dia berada berilah kesehatan dan umur yang panjang untuk nya.

  57. thanks tetty for sharing this story.
    Forever in my heart… mum is the best, the most beautiful lady, love and miss u mum..

  58. Thks for the inspiration sis. I love u. 🙂

  59. I always lovee u mom..
    Ţђɑŋĸ<3ỲƠµ(y):)
    ‎​‎​Ţђɑŋĸ<3ỲƠµ(y);)
    Ţђɑŋĸ<3ỲƠµ(y):)
    For all ..

    U is best of the best teacher in the world…❤

  60. tmn saya yg hidupnya bgtu liar suka berantem, ga takut apapun, dan siapapun, termasuk jg suka beradu mulut dgn ortunya, begitu baca ini cerita dalam seminggu nampak kelakuannya trhd ortunya yg mulai sopan, dan santun.. Sangat menginspirasi ceritanya..

  61. wow cerita yang pasti byk mengispirasi byk org..
    saya yakin crita ini dpt mbawa berkat bg stiap org yg mbacanya…
    dr crita ini jg betapa sy disadarkan..
    betapa beruntungnya saya di berikan kesempatan memiliki mamah yg terbaik dr yg terbaik…
    sadarkah qta jk qta ga pnya mamah?
    mamah adl tmpt utk qta berbagi sk n duka,susah senang…
    slama msh ada ksempatan saya yakin, anda dan saya akn terus mncoba memberikan yg terbaik dan,mari berikan kbahagiaan utk mamah qta..
    LOVE U MAMAH..saya akn slalu berusaha memberikan kebahagian utk mamah…
    thx ya tuhan ats ksempatan yg kau berikan krn saya punya mamah yg terbaik..
    Gbu

  62. I LOVE U Mom….

  63. saya laki2…. tapi sungguh saya meneteskan air mata

  64. Love u mom!

  65. No more , just 1 (mom) !!
    Love ue ..

  66. I love you, mom..

  67. patut untuk direnungkan

  68. saluutt w, baru pertama w baca cerita sesedih ini… LIKE dah

  69. i love this story. really love it
    really touching my heart..
    thanks mom, for all i have received till now.
    love you

  70. Buddha bleess U.
    just 1 mom & papa.

  71. I love u mom more than everything :-*

  72. Ini ada filmnya kok! The best movie ever😀

  73. Mengharukan sekali ceritanya..
    “Terima kasih mama yang telah membesarkanku dari bayi hingga kini,kasih sayangMU tak terbatas terhadap semua anak2MU,semoga mama di beri kesehatan,dan Umur yg panjang..amin”

  74. Sangat mengharukan … Θΐ dunia ini Mama & Papa is the best. Mama & Papa segalanya buat ώª. Tanpa jasa dan dukungan mereka, ώª tdk akan spt skg ini. Thank’s mom & dad … I love all of ỲôÛ Muach …

  75. Always in my heart MOM….. I love u forever….

  76. Kasih ibu tidak ada ujungnya. Sy menyesal kurang banyak membalas budinya. Kini setelah beliau wafat, sy hanya bisa mengatakan i love you, mom!!!

  77. akuu sangatt sayangg sama mama

  78. Mantap!
    Memang apapun yang mama lakukan buat kita,
    Pasti akan menjadi suatu hal yang sangat BERARTI ,
    Baik kita menyadarinya sekarang maupun dikemudian hari . Lov u mom ({})

  79. Thank you so much.
    I Luv u mom

  80. Ini cm cerita, bukan real, tuhan tidak mgkn membiarkan umatnya tersiksa smpi mati…

    • Tapi mang kenyataannya tu ada itu mama saya… Sampai mama saya sakit pun mama saya hanya menyimpannya sediri dan tidak mau memberitahukan kepada anak2nya… Begitu kami tau mama sudah sakit keras dan tidak tertolong lg… Dan mama saya sudah meninggal… R.I.P mom.. I love you mom…

  81. Cerita yg bagus..two thumbs up (untuk pengarang aslinya)..

  82. I LOVE YOU MOM, Miss you forever.😥

  83. jauh diluar sana segala tampik,kemunafikan dan segala yang menyesakkan, Ibu selalu membawaku ntuk bersabar, tekun, jujur dan penuh kasih.
    Dalam do’aku namamu selalu kupohonkan segalanya meski tak sepanjang kau sebut namaku di do’mu ibuku,sahabatku,kekasihku,pujaanku

  84. Saya adalah seorang anak, istri dan menantu. Saya sayang mama. Sunggguh luar biasa pengorbanan dan kerja keras beliau. Maka dari itu saya terus belajar agar menjadi istri dan ibu yang baik. Saya sadar bahwa ibu adalah sosok yang perlu dihormati. Maka saya juga menghormati mertua saya. Kebetulan beliau seorang yang bijaksana. Tidak ada konflik seperti kebanyakan istri dan mertua. Saya sadar mertua saya telah membesarkan suami dengan susah payah sama seperti mama yang juga telah merawat saya. Oleh karenanya, saya juga mau peduli dan sayang kepada mertua. Bagaimana pun sosok ibu adalah luar biasa tidak peduli beliau adalah mama saya sendiri, mertua, mama anda, maka dari itu kita hargai mereka. Semoga itu bisa jadi inspirasi bagi wanita baik yang dalam posisi anak, menantu ataupun mertua.

  85. I like your letter

    Thaks

  86. Aq syank mama,

  87. aku ingat waktu itu aq masih TK dan menonton film ini bersama mama.
    setiap aq menonton film ini aku selalu menangis.
    Mama aku syg km.

  88. $…..I luv you mom 4 ever and ever…..$

  89. Mom…..is the best. Love u 4ever

  90. I miss u mom..

  91. Seandainya saya bisa mendapatkan dvd nya my beloved lagi, ada yang punya kah???

    • Download aja di youtube !!!

  92. Saya dari umur 3 thn sdh ditinggal mama,jadi saya kurang kasih sayang mama,tapi saya terenyuh jg baca cerita ini,sekrg saya sdh jadi mama dan saya sangat2 sayang sama anak saya,saya akan menjaga,merawat dgn sepenuh hati

  93. I LOVE YOU MOM SO MUCH

  94. Mom, I love you where ever you are..
    Miss you mom..:(

  95. My mother is my life, I love ų mom.always n always n forever.ty.

  96. Touched My Heart..

  97. Saya sangat terharu sekali membaca crt ini..
    Tp crt ini sgtlh bgs..
    Aku sgt salut sekali melihat pengorbanan ibunya..
    Alangkah pengennya aku memperlakukan ke mama semulia itu..

  98. I ♥ my mom , now and ever

  99. cerita cukup sedih

  100. Cerita. Sedih baget ya

  101. Hamil di luar nikah sihh.
    Θαяĭ pihak keluarga pria pasti beranggapan wanita itu ƴά̲п̥ģ enggak”. Wanita murahan, wanita ƴά̲п̥ģ memilikin pikiran kotor untuk mengambil kekayaan si pria dengan berbagai cara termasuk hamil diluar nikah dll.

    Pantas saja ditolak.

    • It di indo tp klo di sna hmil t d’luar nikah t biasa ja.. .
      Smua ne slh ortu cwo t. . Np ga izin’n , cmn gr” sttz sosial.. It qn bkn slh cwe t. . Mang ad org yx mw t’lhir miskin d’dunia ni? Ga da okee. .

      Misal la ortu na ga izin qn krna ngangep cwe t ga baek s’hrz na ortu na hrz ngjr ank na tnggung jwb bkn na mlh nghalangin rz tanggung jwb ank na

      Sorii klo kta” saya ad yx ga d’sukai

  102. Sangat menyentuh hati

  103. Menabjukkan… Sya smpai menangis mmbaca’nya….
    Love u mom,,,

  104. (*) Ĝø◦°˚ °◦øĐ ♡ ((y)ˆ ⌣ˆ)(y)

  105. Mnyentuh bangett,,aku ciinta iibu!!!

  106. Really” mis my mom. . .

  107. Jika kamu benar2 sayang ibumu tunjukanlah kepada ibumu kalo kamu bnr2 sayang ibumu,jgn hanya dgn kata2….karna kalo hanya dengan kata2 semua itu omong kosong belaka…krn sifat manusia tidak ada yang kekal…..

  108. Dan 1 lagi yang ingin w sampaikan kepada tmn2 lainnya..mengenai 2misi yg diajarkan kepada kita…karna misi yg pertama kurang berkenan bagi saya,,akan tetapi sebelumnya tanpa mengurangi rasa hormat,saya meminta maaf sebesar2nya kalo d kata2 saya yg salah.misi pertama mengajarkan kita jika kalo orang tua kita masih ada disisi kita,lalu untuk menunjukan rasa cinta kita kepada orang tua kita,kita harus mengajak org tua kita untuk makan diluar dan jalan2 karna menurut saya kebahagiaan orang tua terhadap anaknya bukan dinilai dari itu,karna asalkan kita ada disisinya,menemaninya,menjaga serta menyayanginya dan berkumpul dalam satu keluarga ,saya yakin orang tua kita pasti akan lebih bahagia ketimbang dengan makan diluar atau jalan2.dan masalah keberhasilan anaknya itu baru nomor 2.

  109. Sunguh sunguh amat menyentuh sehingga membuat saya menitikkan air mata.orang tua adalah segala 2 buat saya,karena saya sudah kehilangan mereka di saat umur sy msh belia.cintailah org tuamu sebanyak2 nya.

  110. I love you mom

  111. I LOVE MOM ALWAYS

  112. I love u mom…
    You always my wonder women

  113. Tidak ada kata-kata yang bisa menggambarkan atau memuliakan kasih sayang seorang Ibu, saya hanya bisa berdoa kepada Yang Kuasa, semoga Orang Tua kita semua mendapat kebahagian mutlak…I LOVE YOU MOM

  114. Sangat” terharu..
    Seorang ibu memang mulia..
    Ibu sllu syg t’hdp kita..
    Mskipun kta mrka td bgtuu..
    Hnya ibu yg tw,,?
    Tq y smua’y

  115. Sungguh menyentuh hatiku….sampe air mata w menetes trus stlh membaca kisah shi sang chi you mama hau….smoga tuhan bekati w lbh sayang ama mama,thanx tuhan

  116. Sungguh menyentuh hatiku….bgitu bsar perjuangan seorang ibu terhadap anaknya,bgtu baca kisah shi sang chi you mama hau air mata w menetes truz…smoga w diberkati lebih sayang ama mama,thanx tuhan.

  117. Aku akan slalu memberikan yg terbaik untukmu IbuKU

  118. Mam i love you,,
    Aq syank mama,
    Aq cinta mama
    Aq jqa knqen mama,,
    I love you mother and father,,,,,,

  119. Kisah yg sangat mengharukan dan menyentuh hati.
    I Lovee U Mam

  120. Tolong di filemkan… Sedih… G org yg gk pernah ngerayain hari ulang tahun org tua sendiri… Bis baca nie g jdi ngerasa bersalah…

  121. Miss my mom so much,, semoga mama bahagia ϑȋ̝̊̅ surga. Amien.

  122. Benar2 terharu,,
    Luph U full mom

  123. God please bless my mom, give her health, and safety is always in your protection.. Amen..
    Love u mom..

  124. I (♥̸̸̸̸̸̸̸̸̸̸̸̸̸̨̨̨̨̨̨̨̨͡) u mom n sorry kalau slama ini g ga b’bakti…i (♥̸̸̸̸̸̸̸̸̸̸̸̸̸̨̨̨̨̨̨̨̨͡) u mom…ℳ ů ä Ç ђ …..ℳ ů ä Ç ђ …..ℳ ů ä Ç ђ …..

  125. Aku ini termasuk anak yg beruntung,sampai saat ini aku msh diberi kesempatan merawat mamah dihari tua, semoga aku bisa merawat sebaik yg aku bisa. Semoga semua makhluk berbahagia _/\_

  126. I love ϔσù mom

  127. Andai kan ma” msih hidup.
    W psti akan buat ma” senang.
    Ȋ love you mama

  128. Love u so much mom
    Maafkan semua kesalahanku
    G pasti buat mama bangga ma aku

  129. Ini cerita mengingatkan saya pada film yg saya nonton di bioskop. 25 thn yg lalu,kita sebagai perempuan dan suatu hari tentunya akan menjadi seorang mama ,maka janganlah lupa akan budi Seorang mama,budi itu gak akan dapat kita balas,tp kita dapat merubah budi itu menjadi sesuatu yg paling berharga untuk Mama kita seumur hidupnya. I LOVE. YOU MOM

  130. Luar biasa menyentuh sampai kelubuk hati yg paling dalam semoga kita selalu ingat akan kebaikan orang tua kita.

  131. Mama adh sglanya…
    Mom is the best forever

  132. I love mom

  133. Love you mom….

  134. Mother is the firt and the best.. Ayah adalah no.2 .. Tanpa ayah kta mzh bz brtahan , tanpa ibu.. Kta zprti khilangan apa yg kta butuhkan , inginkan..

  135. I love you mom, and i’ll always miss you :*

  136. I love u mom

  137. Luv My Mom So much …
    Hoping the best for her in every single life .. Take care of My Mom GoD !!!

  138. Mama is the best for our life jd bahagiakanlah mama mu selagi hidup sebab sebuah penyesalan tdk akan ada artinya lg. Mom I always love u.

  139. Sampai kapan pun aku akan slu sayang sama mama

  140. Crita ny sangat menyentuh banget, sampe” air mata aku tak terbendung lg…

  141. Sumpah aku terharu sekali aku jadi menagis mengingat mama ku…:'( I LOVE ÝOU Mom..

  142. Cerita yang sangat menyentuh hati setiap orang…..good story

  143. Cerita yang sangat menyentuh hati setiap orang…..good story

  144. Sayang mama..

  145. berbahagia lah bagi yg msh mempunyai seorng ibu ,,gunakan wkt itu dengan sebaik”nya… ^^ jia you

  146. I love my mom forever….hiks…hiks

  147. Maafkan saya karena sering berkata tidak pada mama, maafkan saya juga karena saya sering membuat mama menangis. I love you mama!! Really….really love you maaa……

  148. Ak sadar akan kebaikan ibuu

  149. Saya sngat terharu karena ceritanya sangat menyentuh hati

  150. Tu kyk ∂ï sinetron

  151. ⓘ ١٥٧٤ you mom wo 爱 ni mami

  152. Lovi YOu mOm

  153. My mom is the best.she always pray 4 me.-̶̶•-̶̶•̸Ϟ•̸Thank You•̸Ϟ•̸-̶̶•-̶ god u give me a perfect mom. I always love u mom

  154. I love u mom

  155. Luar biasa, terima kasih banyak atas ceritanya sangat menyentuh, sekali lagi trim’s

  156. Puji dan syukur Tuhan engkau memberikan malaikat yg begitu baik dan rela memberikan segalanya buat putra/ putri nya terimakasih Tuhan. Nama malaikat itu ibu…! Walaupun skrg malaikat itu sdh pergi. Tp kami percaya kasihnya akan selalu menyertai perjalanan hidup kami ..!t

  157. Cerita yg perlu dibaca semua orang
    Mom is the best.

  158. Aku sayang kamu mama. Selamanya….

  159. Sungguh terharu sekali.sampai tak terasa airmata menetes setelah membaca’y….begitu besar pengorbanan seorang ibu..

  160. Mama adlh segalanya…

  161. Mudah2an aku bisa membahagiakan ibuku di perjalanan sisa umurnya. Dengan membaca cerita tsb, semoga aku selalu mencintai ibu.


  162. I wiill always love you and taking care you, mom

  163. I Love You Mama

  164. I love u mom

  165. Terharu karena aku nelum dapat membahagiakan orangtuaku semoga suatu saat aku bs memberi mereka senyum yang iklhas…Amin

  166. Sangat menginspirasi dan mengharukan sekali

  167. Sangat meng harukan…..aku sayang ibu selamanya…

  168. ItuLah kenapa dinamakan Surga Itu Dibawah Telapak Ibu.

    I LOVE YOU SO MUCH MOM

  169. suatu hal yg jarang dilakukan oleh anak2 dan orang tua jaman sekrg. Hidup ini proses pembelajaran. Krn stiap manusia ada porsi tersendiri dalam masalah. Bukan orangtua saja, tetapi belajar mengasihi dengan tulus. Itu yg terpenting. Krn Kasih yg tulus itu amat sangat sulit dilakukan.

  170. Mom is my Super Hero ..
    I alweis luph eu MoM ..

  171. Nyentuh hati bgtz

  172. . _ _
    I ) ( I
    / I I \
    /__’,_ ,’___\
    /( __ _)\ /(_ __ )\
    I ( __ _ )) ((__ __ )I
    I ( __ _) ) ( (_ __ _)|
    \(___ _)/ \(___ _)/
    \ =D /

    _/ \_ ‎​​ I love you mam

  173. Inspiratif sekali…

  174. Î love my mom…
    Doa ku selalu untuk mu…

  175. Cerita ini emang diambil dr film taiwan judulnya my beloved. Film udah 20 thn yg lalu. Dan film ada di youtube. Film ini pernah di daur ulang sama sutradara indonesia, pemerannya sandra dewi. Memang film ini sangat bagus sekali. Sampai kapan pun film ini akan selalu ada dalam kenangan kita. Bagi yg belum nonton, gua jamin deh, nga bakal rugi ntn film ini. Bener2 film yg sangat bermutu dan mempunyai arti kehidupan yg sangat bagus. I Love my mom, thx.

  176. I love u mom walau pun mama sudah tiada mama mertuaku juga mama ku karna sekarang dia lah yg ku miliki

  177. I love my mom…
    Forever n ever
    There is no other
    Loved like a mother

  178. Sangat menyentuh hati dan menguras airmata

  179. Saya kagum dgn ceritanya

  180. i love u mom.tiada kata yang dapat melukiskan berapa besar rasa sayangmu pada kami anak2 mu..

  181. Ώggªk ª∂a̲̅ hal didunia ini ♈ǝлƍ paling membahagiakan,selain dapat merawat ibu kita dgn penuh ksh sayang. Mama I love u

  182. __ Nice story🙂 ,,,
    Like this ,,,,

  183. Tidak seorg pun yg bs menggantikan ibu at mama
    Karna mama ada lha hati dan jantung ku
    I MISS U MOM
    LOVE U FOREVER….

    Doa ku menertai mama smoga mama panjang umur mama love u mom…..

  184. I love U mom, tiada kasih dan cinta sebesar kasih dan cinta seorang ibu kita.

  185. Sangat menyentuh,,,aq suka bngt
    Betapa besar pengorbanan seorang ibu

  186. Tulisan yg bagus,,,.mohon realisasinya…jgn hanya bisa teremnung,,,krna praktek yg sulit…

  187. Makasih untuk segala ичɑ̈ mom..!! Love you

  188. Cukup bagus dan menarik

  189. Sy amat beruntung karna ibu sy masih ada dan kebetulan tinggal bersama sy setelah sy membaca cerita di artekel ini,ternyata sy orang yg amat beruntung jadi sy tidak akan menyia2kan keberuntungan ini.
    ”Sy akan lebih menyayangi ibu dari sebelum nya karna kesempatan ini tidak akan bisa terjadi kepada siapa pun I love you mom”

  190. I love u mom,aku akan selalu merindukanMu…..

  191. I love u mom…
    Aq sangat sayank mama..
    Aq akkan bekerja keras..
    Aq ingiin mama naik haji…

  192. Semoga semua makhluk hidup berbahagia..

  193. Jadi kangen ibuuu…
    T_T

  194. Cerita ini sgt berarti sekali untk mengingatkan kt kt yg terkadang suka lupa memperhatikan seorg ibu..realy,good story

  195. 2 Hal ¥ƍ tdk bisa kita tunda dalam Hidup ini
    1.Berbakti kepada ortu kita,berapa lama £ąƍî‎​ waktu ¥ƍ harus kita tunggu,dan apakah mereka masih mempunyai bergitu banyak waktu £ąƍî‎​.
    2.Berbuat amal Dan welas asih,didunia kita hanya sementara Dan berapa lama sich waktunya,didunia kita semua saudara\i ¥ƍ telahirkan utk bayar karma Dan menanam bibit karma ¥ƍ baik utk masa depan semua mahluk didunia ini.

  196. Cerita yg sangat bagus, sangat menyentuh hati. Sampai saya meneteskan air mata waktu saya membacanya,

  197. I love u mom..thank,s for everything..God Bless U mom

  198. Kisah yang sangat sangat menyentuh sampe gak bisa menahan linangan air mata…. Love u mom and dad…You are the best one i ever had !!!

  199. Bnr2 terharu…
    ( ♥͡▽♥͡ ) ☜♡☞ I └ºνє♡ ٥ﻻυ ☜♡☞]|- mama…
    :'(нΰά˚°º:'(нΰά˚°º:'(нΰά˚°º

  200. I love you mom

  201. Mama i love u forever

  202. Sangat sedih sekali

  203. Sangat menyentuh…..

  204. I love u mom!

  205. The story touch my heart
    Luph u full mom

  206. I love you mom,,,,,

  207. I love you mom

  208. Mom is evrythink.. (っ´˘‎​з(˘⌣˘ c)

  209. Dalam cerita ini mengandung cerita yang sangat mengesan kan bagi saya
    Pas ibu peria tersebut tidak setuju atas
    Perkawinan mereka

    Dan satu nya lagi paz anak wanita itu sakit parah
    Dan ibunya juga tidak punya uang sepersen pun

  210. engkaulah orang yg sangat mulia dimataku ibu, sungguh engkau sangat berati untukku

  211. Luar biasa

  212. ƍäªЌ​ tau harus komentar apa,,,
    Yg pasti,,,, I love U mom ….

  213. I very love you mom!!!!!!!!!!!!

  214. :
    thx mom for all u do in my life..
    mski mama skrg ga ditengah2 kmi,tp kmi sll syg mama..

    miss u mom..

  215. Bahagiakanlah dia slagi msh ada. I love u mom

  216. I love mom
    Aku sangat trharu dgn tlisan ini
    Sngguh besar prjuangan sang ibu….
    I love forever my mom

  217. Pesan moral yg diperlukan diakhir zaman. Wanita harus perkasa bathiniahnya.

  218. i love my mom,,,,
    my mom is mi life…

  219. Gak ada ibu gak ada Ќΐτà di dunia ȋ̊♌!, terima kasih hari ȋ̊♌! Pas ultah mamaku tersayang 21 des pas ∂ķΰ dpt bbm ȋ̊♌!. ∂ķΰ tmb sayang ama mamaku ..-̶̶•-̶̶•̸Ϟ•̸Thank You•̸Ϟ•̸-̶̶•-̶ ™ bappa kau membuat arti sayang Ɣªήğ sesungguhnya di dunia ini

  220. Sungguh ibu Ƴάπƍ betul2 menyayangi dan merindukan anak

  221. tksh. ceritanya sangat menyentuh nurani.

  222. Saya merasa seperti ikut dlam cerita tersebut

  223. Andai q pny ibu sebaik itu…kan q jaga hati’y stiap wkt,walau ibu q tak prnh mengakui q,tp dia ttp yg melahirkan q…

  224. Serba kAn ceritA ini sebanyAk2nyA

  225. CERitA ini sangAt bAgus membuAtku menAngiS dAn dAri kecil hidupku bebAs dAn enggk pernah tAkut dgn apApun dAn mAu lihat Aku nangis Aja susAh dAn dengn cerita ini air mAtaku kEluar tErusssss

  226. I love YOU MAMA

  227. I love u and I miss u mom. Engkau adalah sgalanya bagiku.

  228. Sungguh mgharukan. Stlah mmbca crta ini sya mnangis trsedu2. Hal Yάπĝ Uϑªh lma Ъќ>:/ prnh sya lku Ƙǻπ (mnangis). Saat ini sya sdg cekcok dan tdk tegur sapa pd πŷα.
    ☂άρĩ stlh mmbca crta ΐϞΐ,
    Sya brsumpah ats nama BUDDHA MAITREA & TAO
    Sya tdk akn prnh mlku Ƙǻπ hal îτϋ Lɑ̤̥̈̊G̲̣̣̣̥ȋ̝̊̅̄.
    Sya akn mnta maaf pd πŷα.

    HAPPY MOTHER DAY
    I LOVE U̶̲̥̅̊ MOM
    GBU

  229. LUAR BIASA…bnr2x menyentuh hati kt u/ lbh menyayangi mama kt!! Ceritanya bgs bngt…bs bt kt introspeksi diri… GOD BLESS MY MOM!! I LOVE YOu MOM!!

  230. I love u mom

  231. hadiah pasti untuk-Mu ibu,

  232. I love u mom, sedih banget ceritax.

  233. Sangat menyentuh………..

  234. Terima kasih Tuhan krna Engkau telah memberikan seorang Mama yg slalu menjagaku dengan kesabarannya. Tidak bisa ku balas smua kebaikannya krna terlalu banyak yg Mama berikan padaku di dunia ini. Love U Mom
    Selamat Hari Ibu Sedunia

  235. Buat aku mama adalah segalanya. Mamaku berjuang sekuat tenaga supaya aku dan saudara2ku bisa sekolah & kuliah. Aku ƍª akan bisa lupa jasamu, mamaku sayang. Aku sayang mama, mama mertuaku. Dan semua mama ƴğ ada ∂ΐ dunia ƴğ begitu mengasihi anaknya

  236. ♍ä♍ìђ, lannie dan semua anak, cucu, menantu akan selalu $äýäñƍ sama ♍ä♍ìђ dan þäþìђ. Saat lalu, saat ini, saat mendatang, saat ♍ä♍ìђ dan þäþìђ ∂ϑ∂ di dunia ini atau sudah kembali kepada Bapa di Surga. Kami semua senantiasa sayaaanggg….. We love u, mom ded.

  237. Berbahagia lah semua yg msh mempunyai sosok seorang IBU. Cintai lah & sayangi lah beliau di kala msh ada.

  238. Sungguh tidak ternilai kasih ibu kepada anaknya! Kita semua terlahir dari rahim kandungan seorang ibu, marilah kita melakukan hal hal yg bisa membuat ibu tersenyum ^

  239. I really luv u mom

  240. Love you Mom.

  241. Mamaku dah tua dan jlek tp dia tetep maMa,,,

    I l¤ve you mom

  242. Cerita ini memang T O P,,

    Berbaktilah pd mama mu sblum smua na trlambat,,

    Tp jgn prnh lupakan papa mu jg, beliau jg sgt berjasa menafkahi keluarga na,,

    Love you mama n papa🙂

  243. Sayangilah mama klian,,,sebelum terlambat ,,,dan berilah penghargaan untk mama klian,,,dan rawatlah mereka smpai detik terakhirnya,,,,

  244. Sangat menyentuh bgt

  245. Cerita yg sangat mengharukan

  246. Kisah yang sngat memiluhkan tpi sngtlah menjadi motipasi untuk selalu sayang pada ibu kandung

  247. Terlepas ini uda ada crita filmnya pa gk, tpi mmng begitulah adanya, seorg ibu ttap akan sayang sma anak2nya, jdi sbagai seorg anak hrs mengerti dan selalu berbhakti kepadanya gimana keadaannya utk saat skg dan seterusnya … GBU all, very nice story

  248. Ibu yang baik akan melakukan yg terbaik untuk anaknya, melebihi utk dirinya sendiri

  249. Berbahagialah yg masih mempunyai mama, jangan sis2kan, jangan berkata keras kepadanya apalagi membentaknya, rawatlah dia jika sdh lemah raganya karena uia, bahagiakanlah dan doakan selalu.

  250. Saya, sangat menyesal skl ga bisa membahagiakan mama, karena saya disibukan oleh kesenagan diriku sendiri. Tuhan…ampunilah semua dosa2 mamaku dan terimalah disisiMu selalu…

  251. Great mom

  252. Nice story, thx u for share.
    I LOVE YOU MOM….

  253. Kisahnya menyentuh hati..perjuangan seorang ibu yang tidak bisa terlupakan.

  254. Seringkali kita lupa pengorbanan ibu.sebagai anak,sebagai ibu juga mari kita saling mengasihi melayani tampa penyesalan. Selamat hari Ibu. Tuhan memberkati

  255. I LOVE U MOM

  256. Sungguh luar biasaa

  257. I like it.🙂

    You are my everything mom :* i love you so much

  258. Chy sayank mama ..
    Luph uu mom ..

  259. Sedih bangettt…Luar biasa hingga membuat air mata sy menetes,,I Love U my Mom

  260. I ♡♥ U MOM

  261. Ibu adalah segala Ϟyα ʼnƍƍɑªĸ ,Ъϊśå ðĩ bandingkan dengan ªª pun ðĩ ðĩ dunia ini

  262. Sangat menyentuh dan memang kita wajib berterima kasih pada ibu kita. Terima kasih atas sharing ceritanya. GBU.

  263. Sunguh2 carita yg membuat semua orang yg baca,meneteskan air mata,karna perjuangan ibu
    I LOVE mom

  264. Salut dengan kisah ini….. I Love You…. Mom

  265. Luv u so much mom.. tidak pernah ada seorgpun yg bs menggantikan posisimu,mom di hatiku.. Miss u my lovely mom..

  266. Berbahagialah yg masi mempunyai seorang Ibu krn ibu adalah segala’y bagi kita!I lost my Mom 2 year ago my Mom menghadapi sakit’y dgn luarbiasa tabah,dan saya percaya spirit’y sampai sekarang tetap ada dihati & hidup anak2’y ,Love u n always thanksfull to beloved Mom

  267. Setelah membaca cerita ini, saya semakin mencintai ibu saya. I. Love You Mom !

  268. Ceritanya mirip yg di film2, tapi yg difilm lebih menyedihkan

  269. Sngt bgus n menyentuh,hati,sya sngt” trharu,,,pengorbanan ibu memang gak ad hbisny untuk kt,,ilove mama,

  270. Cerita yang sangat mengharukan.😥

  271. Terharu bacanya, sungguh sangat menyentuh cerita ini. Thanks my mom utk pengorbanan чğ dilakukan slama ini. Engkau bkn saja menjaga aku dr kecil, bahkan sampai anak ku pun engkau jaga tanpa mengaharapkan imbalan apapun. I love ÿ☺ΰ mom.. Smoga Tuhan memberkati mu, memberikan kesehatan dan umur panjang buat mamaku..

  272. Terharu bacanya, sungguh sangat menyentuh cerita ini. Thanks my mom utk pengorbanan чğ dilakukan slama ini. Engkau bkn saja menjaga aku dr kecil, bahkan sampai anak ku pun engkau jaga tanpa mengaharapkan imbalan apapun. I love ÿ☺ΰ mom.. Ÿ☺ΰ are the best mom, tanpamu aku mgkn tdk bs ini itu seperti skrg. Smoga Tuhan memberkati mu, memberikan kesehatan dan umur panjang buat mamaku..

  273. Bacaan yang sangat mengharukan kasihj sayang seorang ibu tiada batasnya

  274. Luar biasa!!!! :’)

  275. Berbakti kepada Ibu, bukan hanya menyenangkan Ibu tetapi lebih dari pada Ibadah dan menyenangkan Tuhan YME

  276. I Love you Mom…U’re my everything

  277. Kalau kita hormat dan tunduk pada Ibu kita dan kita bisa merawatnya dikala dia tua.. Percayalah…. Rejeki kita tidak akan pernah terputus seperti air yg mengalir tiada henti….
    Cerita diatas memang sangat mengharukan…

  278. just for share yach….
    n semoga bisa menjadi berkat n saling melengkapi…
    nice share n thanks b4….

    silahkan….
    http://bbone.in/forum/Thread-Happy-Mother-s-Day

  279. I love mom

  280. Kisah yg sangat menyentuh …..
    Aq merasa anak yg durhaka yg lom sempat bikin ortu senang. Smga beliau bahagia di surga.

  281. Sedih banget, ini cerita yang melegenda dari negri china.

  282. Śεм☺gά ∂ķΰ diberi kesempatan untuk membahagiakan mama..

  283. I love mom

  284. Ibu memang luar biasa. ‎​¥ğ jelas kita bahagia sama dia. Ya, jgn kira bhwa ibu itu jahat pd kita. Selamat hari ibu. Sayangilah ibumu seperti ibumu menyayangimu. Karena hanya Ibu lah yg membuat hidup kita So Beautiful and Perfect

  285. I love u mom,,,
    Akan kulakukan apa aja demi mmbahagiakan ibu

  286. Sedih bgt yaaa , pengorbaanan seorang ibu memang top :’) terharu

  287. Love my mom so much! Happy mother’s day to all moms in the world love you all mom ♥

  288. Gw sampe gak bisa ngomong apa apa lagi.
    Bravo Bos, Bravo

  289. Duuh…
    SunGguh” luar biasa sehingga air mata ǞĸƲ menetes sendiri..
    I loph u MaMa
    :*

  290. Kisah yg indah n mengharukan.
    Ma…. Makasih ya…… Atas doa mu, selalu untuk anak anak mu.
    I LOVE U mom.
    GBU

  291. Perjuangan seorang ibu untuk anaknya sampai masa tuanya tanpa memperdulikan keadaan dirinya, demi membahagiakan anaknya. Teladan yg baik telah diberikan oleh seorang ibu bagi dunia ini. Kebaikan seorang ibu sering tidak dapat dilupakan,tetapi kebaikan Tuhan Yesus yg memberikan kehidupan dan kasih yg tak terbatas sering dilupakan oleh manusia yg telah diciptakannya.

  292. Ibu is the best,maafin saya Mih yg sdh sebesar ini tp msh jg merepotkan kdng jg msh suka membentak,tp selama ini apa yg saya lakukan smua tujuan hidup&kerja hanya untuk membelikan sebuah rumah yg mungkin tdk besar tp minimal bs tmpt to berteduh disaat nnti umi sdh tdk bs berbuat apa”lg,saya janji akan membuat umi bahagia

  293. Bagus sekali sangat terharu

  294. I love u mom… You’re my everything…

  295. Hormatilah ayah dan ibumu supaya lanjut usiamu …

  296. Sangat luar biasa , apalagi di jaman sekarang anak hanya selalu minta dipenuhi keinginannya tanpa tahu kesusahan orang tuanya

  297. Sedih

  298. Wo ai ni ma…..
    Dui phu chi ma……

  299. Cerita yang bagus, ampe nangis mata bengkak nih. Yang jadi sorotan mama yg sayang sama anaknya. Yg perlu jadi contoh anak lakinya yang sayang sama ibunya. Untung aja anaknya baik….. Coba klo terpengaruh harta jadi jelek……

  300. Syang mama aku udah gak ada
    Kalo ada pasti hari ini dia bahagia

  301. Bagus banget.. Ampe nangis baca nya aku😥
    ✗Ïƺ-✗Ïƺ ya🙂

  302. I love my momma so much…I couldn’t make her happy while she’s alive… But she knew that I love her..n she died few hours after I met her 5 days before her 83 rd b’day… Without sick ..
    I had 2 children that I raised by myself as a single parent n I love them very much… I hope my sons love me like that boy in that story … I don’t ask or want anything from them… I just want to see them happy n don’t have a hard life like I had when they’re grew up because their father is a selfish father…I want them become a good husband n father ..for their family

  303. Ibu I love you

    Ibu ku lbh berharga dari pada harta
    Itulah yg dihati ku

    ♥[τ̲̅н̲̅a̲̅и̲̅κ̲̅ ч̲̅o̲̅u̲̅]♥

  304. Mamaku adalah mama yg terbaik sampai iya meninggal tgl 5 desember 2011… Mama selalu memberikan anak2 nya yg terbaik… A anak ke 2 dari 3 bersaudara… Mama rela tidak makan demi anak2nya… Bekerja siang malam… Mama mengajariku menjadi gadis yg baik… Walaupun a anak broken home… A selalu membantu mama membersihkan rumah… Memijitnya jika mama lelah… Disaat a menikah tugas yg a kerjakan mama yg mengerjakannya… A tidak pernah tau itu… Mama selalu menyembunyikannya… Disaat a punya anak mama mengajariku tuk menjadi org tua yg baik… Disaat a sakit mama sering datang tuk menjenguk ku… A sering sekali menelponnya… Hampir tiap hari… Walau a susah tuk pulang kermh… A sering sekali meminta mama tuk menginap dirmhku tuk bermain dengan cucunya… Supaya dapat istirahat dan a bisa memijitnya… Sampai suatu saat mama sakit keras… Mama ku menyembunyikannya… Hanya skt biasa… A pernah bilang mama harus cekup keseluruhan… Apa skt mama, mama ku memikirkan adikku yg masih kuliah… Keuangan kami pas2an… Disaat a mulai ada uang mama sudah sakit keras dan sudah tidak bisa tetolong lagi… Mama a sayang mama… Mama adalah mama yg terbaik untukku… R.I.P mom… Always love you n miss u…

  305. Sepertinya pernah difilmkan versi Indonesia-nya kira-kira 3 atau 4 tahun yg lalu, seingat saya salah satu pemain filmnya Sandra Dewi.

    Lagu yg dinyanyikan “Kasih Ibu kepada Betaaa…..”

    Touching story, two thumbs up!

  306. Kisah yang sangat menyentuh hati! Terima kasih untuk kisah yang begitu indah🙂

  307. sangat menyentuh kisah ini aku ud beberapa x menbaca n bahkan penah nonton filmnya tp ttp aja air mata ini tak tertahankan.terima kasih Mama atas kasih yg telah Engkau berikan pdku semoga aku bisa membalas semuanya.I love u Mama d Papa ku sayang moga Mama d Papa sehat panjang umur agar bs membalas budi jasa Mu.terima kasih Tuhan telah memberikan orong tuaku yg begitu menyayangi aku d klgku

  308. Luarbiasa kisah ini, air mata pun berjatuh’an [ i  └ºνє you  mom forever & ever ]

  309. I love u mom…i always love u..

    ‎​°·♥·♡τнänκчöü♥·♡·°. Yg udh share crt ini..

  310. Very2 love eu mom T_T i’am sorry..

  311. No matter what, my mon alwayz in my heart, and deep in my heart.
    My mon is my angel.

    I ♥└ºνє Ǚ MoM
    #bighugandkiss

  312. Bisa kaga yah kita spt itu,krn keadaan yg skrng,tp apapun yg terjadi harus tetap Mama yg kita dahulu kan

  313. Terimakasih ya ceritanya.saya sangat terharu.walaupun ibuku sudah tiada.

  314. I LOVE YOU MOM FOREVER

  315. Love you mom……

  316. Luar biasa kasih sayang & ciinta mama

  317. Mau nangis baca………….. Hiks”😥. Kasihan banget mamax!

  318. Trenyuh, fantastis. Tak ada orang yang sehebat mama. I love you mom.

  319. Tuhan jika kau mengizinkan.
    Bhgiakanlah ibuku sblm aku
    Pjgkanlah umurnya melebihi aku
    Ambilah seluruh jiwa dan ragaku utk kesehatannya
    Aku ada karna dia dan hidup utk dia
    Mom. I love you….

  320. Baguz skl crt nya n buat terharu.yg punya ma2 tolong di hargai n di sayangin jgn lah buat kecewa,soal nya saya ma2 saya udah tdk ada.berbakti lah sama orang tua.

  321. Thanks GOD utk mamaku yg baik n mama mertua jg yg baik,
    yg menganggap aku spt anak kandungnya sendiri…
    I love them…

  322. I love you mom…..
    Tiap manusia yg ada didunia ini,tlah diatur & ditentukan hidupnya oleh perkataan Tuhan..krn itu kita hrs memiliki KASIH spy kita bs melakukan apa yg baik bg smua org termasuk kluarga,sebab Tuhan yg lebih dlu Mengasihi kita,jadi krn Tuhan lbh dlu mengasihi kita maka kita pun hrs berlaku hal yg sm sprti Tuhan…..percayalah sgalanya akan beroleh Berkat yg luar biasa dlm tiap langkah hidup kita.

  323. Mama hao

  324. Saya sangat terharu sekali,,dan sy sedih karna saat sy sudah bekerja kedua orang tua sy telah tiada,,dan sy sangat sedih blm bs membahagiakan kedua orAng tua sy,,,buatkan film cerita ini dan di iringi lagunya yg berbahasa indonesia,,,terima kasih membuat qalbu sy bergetar dan menangis

  325. sungguh nyentuh hati bangett….
    wo ai ni mama…
    Tuhan,,,selama aku hidupjarang sekali buat mamah bahagia…berikanlah mama umur yang panjng tuhan juga kesehatan mamah..berikan juga ketegaran hati mamah terhadao ku tuhan,,,,ijin kan aku untuk membuat mama ku bahagia yuhan…panjang kan lah umur mamah ku..
    amin….

  326. terima kasih atas cerita yang telah anada tulis dalam artikel ini.dan terima kasih bunda telah membesarkan aku tanpa mengenal lelah sehingga aku bisa seperti ini sampai saat ini
    i love you mom,,,,,,,,,,,,,,,,dan terima kasih ya allah kau telah membuat ku sadar pada malam ini dan aku berdoa pada mu ya allah jangan sampai aku melupakan jasa dan kebaikan kedua orang tua ku pada ku selama ini amin

  327. M̶̲̥̅̊☺ɑ̤̥̈̊α̣̣̥α̍̍̊α̇̇̇̊ɑ̣̣̝̇̇N̶̲̥̅̊☺τ̲̣̣̥†̥†̥̥τ̣̣̥τ̩̩ɑ̤̥̈̊α̣̣̥α̍̍̊α̇̇̇̊ɑ̣̣̝̇̇☺P̶̲̥̅̊ P̶̲̥̅̊ P̶̲̥̅….(y)
    Mama kita adalah nyawa kita
    Dia adalah tuhan kedua kita. . . ?

    └ºνє♡ ЧΌ̲̣̣̣ŭ mom
    Happy valentine mom!

  328. I LOVE YOU MOM.

  329. Sangat terharuu,,,,,n bagus bnget crtany

  330. .. I ) ( I
    / I I. \
    /__’,_ ,’___\
    /( __ _)\.. /(_ __ )\
    I ( __ _ )). ((__ __ ) I
    I ( __ _) ). ( (_ __ _) |
    \(___ _)/, \(___ _)/
    (y)™M A N T A P ™‎​‎​‎​(y)

  331. Love U Mom,,,☺

  332. Aku pingin jadi sperti ank i2 ♈ǝлƍ bisa mmbahagaikan ibunya…..??
    I love u mom forever….


Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s

Kategori

%d blogger menyukai ini: