Oleh: tettystak | Maret 19, 2008

Karena Anda Sangat Berpotensi

Pernah dalam suatu training yang diadakan di tempat saya bekerja membahas tentang menggali potensi diri, dimana oleh seorang rekan dari potensi-diri.jpgHRD, saya diminta untuk mengirim tulisan tentang potensi diri, karena perusahaan ingin menggali suatu potensi dari karyawan untuk meningkatkan motivasi karyawan dan meningkatkan daya saing perusahaan dengan menggali potensi diri dari para karyawan yang ada. Ya potensi diri adalah suatu kekuatan yang luar biasa jika kita bisa menggalinya.

Menurut Bahasa Potensi diri merupakan kemampuan, kekuatan, baik yang belum terwujud maupun yang telah terwujud, yang dimiliki seseorang, tetapi belum sepenuhnya terlihat atau dipergunakan secara maksimal. potensi diri adalah gabungan dari minat, bakat dan kemauan kita.

Menurut wikipedia Potensi Secara umum, potensi dapat diklasifikasikan sebagai berikut :

ü Kemampuan dasar, seperti tingkat intelegensi, kemampuan abstraksi, logika dan daya tangkap.

ü Etos kerja, seperti ketekunan, ketelitian, efisiensi kerja dan daya tahan terhadap tekanan.

ü Kepribadian, yaitu pola menyeluruh semua kemampuan, perbuatan, serta kebiasaan seseorang, baik jasmaniah, rohaniah, emosional maupun sosial yang ditata dalam cara khas di bawah aneka pengaruh luar.

Pada dasarnya setiap manusia memiliki kekuatan dan potensi masing-masing. Tapi sampai saat ini masih banyak yang belum menyadari potensi di dalam dirinya sendiri. Padahal potensi setiap orang sangat menunjang kesuksesan hidupnya jika diasah dengan baik.

Dibanding ciptaan Tuhan yang lainnya, boleh dikata manusia adalah ciptaan yang paling sempurna. Kesempurnaan di sini dapat dilihat dari kelengkapan sisi-sisi manusia itu sendiri, yaitu ada kebaikan ada pula keburukan. Ada kekuatan ada pula kelemahan. Manusia sebagai makhluk berpotensi yang selalu bertumbuh menuju aktualisasi dirinya, harus mengenali kedua sisi tersebut sebaik-baiknya.

Mungkin selama ini sebenarnya Kita Memiliki potensi yang terpendam, coba galilah potensi anda, setelah menganalisis dan menggali potensi diri dengan saksama, mungkin kita dapati bahwa kita memiliki kekuatan personal seperti kreatifitas, ketajaman analisis, penerimaan terhadap hal-hal baru, semangat belajar yang tinggi, serta cita-cita atau tujuan-tujuan pribadi yang mulia. Tetapi pada saat yang sama, kita merasa memiliki kelemahan seperti kurang disiplin, tidak fokus, kurang konsisten, tidak berani mencoba, atau tidak berani ambil risiko. Yang harus kita lakukan adalah kita harus memaksimalkan potensi atau kekuatan dan sekaligus meminimalkan pengaruh kelemahan kita. dengan berkomitmen untuk menghilangkan potensi-2.jpgkelemahan-kelemahan .

Beberapa cara untuk memahami potensi diri anda adalah :

1. Memahami diri sendiri

Bagaimana kita bisa mengetahui apa potensi diri kita, bila kita tidak memahami diri sendiri, memahami apa kelebihan dan kekurangan kita, karena kita lah yang mengetahui apa kelebihan dan kelemahan kita. Anda bisa mencoba dengan membuat pertanyaan pada diri sendiri, seperti: apa yang membuat anda bahagia; apa yang anda inginkan dalam hidup ini; apa kelebihan dan kekuatan anda; dan apa saja kelemahan anda. Kemudian jawablah pertanyaan ini secara jujur dan objektif. Mintalah bantuan keluarga atau sahabat untuk menilai kelemahan dan kekuatan anda. hasilnya bisa anda tuliskan dan analisa untuk mengetahui kelebihan dan kekurangan diri sendiri.(EA)

2. Tentukan tujuan hidup / mimpi Anda

Setelah memahami diri sendiri, maka langkah selanjutnya adalah kita harus membuat tujuan hidup kita, entah untuk jangka pendek, atau jangka panjang. coba tuangkan tujuan anda dalam suatu buku catatan, saya sarankan untuk menuangkan mimpi secara realistis, atau yang bisa anda capai, dan coba sesuaikan dengan kemempuan atau kelemahan yang telah anda ketahui. hal ini akan memacu pemaksimalan potensi yang ada.

3. Menjaga Kesehatan Fisik Dan Psikologis

Potensi diri juga didasari oleh kesehatan fisik dan psikologis seseorang, seorang yang sehat, fisik dan psikologis juga mempunyai potensi diri yang lebih besar dari pada seseorang yang kurang sehat. Seseorang yang sehat akan mudah mengetahui dan menyalurkan potensi yang ada dibanding yang sedang sakit. dan juga saat Psikologis seseorang sedang kurang baik atau istilah tidak mood, maka potensi orang itu tidak akan terolah secara maksimal.

4. Menjaga Lingkungan

Lingkungan kita juga berpengaruh dengan pengalian potensi yang ada, dengan lingkungan yang mendukung maka potensi yang kita miliki akan dapat kita gunakan dengan maksimal. penciptaan lingkungan yang baik adalah salah satu cara untuk menggali potensi yang ada.

5. Hilangkan Pikiran Negatif dan Lebih Percaya Diri

Enyahkan pikiran-pikiran negatif yang bisa menghambat langkah anda mencapai tujuan. Setiap kali anda menghadapi hambatan, jangan menyalahkan orang lain. Lebih baik coba evaluasi kembali langkah anda mungkin ada sesuatu yang perlu diperbaiki. Kemudian melangkahlah kembali jika anda telah menemukan jalan yang mantap. Percaya lah bahwa manusia di beri bekal untuk dapat melakukan sesuatu, jika kita percaya diri potensi kita akan semakin tergali.

6 Jangan Pernah Cepat Merasa Puas Diri

Warning, dengan keadaan yang mudah puas diri dapat meninbulkan kemandekan dan berhenti mencoba. Dengan tidak cepat puas diri dapat menjadikan kita peka akan masukkan dari orang lain yang bisa membuat karya kita jauh lebih baik lagi. sesuatu hal yang ingin kita lakukan itu baiknya disertai dengan kemauan yang keras dan berfikir positif bahwa pekerjaan itu dapat kita lakukan sesuai dengan kemampuan kita

7. Bersihkan Hati

Maksud bersihkan hati?S etiap kreasi yang akan dibuat baiknya diawali dengan niat yang bersih, ikhals karena Tuhan Yang Maha Esa dan jangn sampai tanpa kita sadari kita terkerumus ke dalam sifat kesombongan, ingin dipuji dan lain sebagainya. Karena kesombongan akan menutup potensi yang kita miliki, karena kita merasa sudah hebat.

8. Lakukan sekarang

Apapun potensi yang kita punya jika kita tidak dimulai sekarang juga maka tidak akan bermanfaat potensi tersebut. karena tindakan adalah sebuah potensi juga. “Orang yang berpotensi adalah 1% inspirasi (ide atau rencana) dan 99% keringat.” Hayatilah bahwa ide atau rencana itu hanya bernilai 1%, yang 99% adalah tindakan.

Seorang sukses berkata kepada seorang profesor dia mengatakan “Kalau bapak akan berenang, maka bapak membaca buku dulu sebanyak satu almari. Bapak ingin menguasai dulu ilmu cara-cara berenang. Tetapi saya tidak seperti itu kalau akan belajar berenang. Saya langsung terjun ke kolam renang, dan saya belajar berenang dengan cara langsung seperti itu”.

“Kita belajar dari 10% apa yang kita baca, 20% dari apa yang kita dengar, 30% dari apa yang kita lihat, 50% dari apa yang kita lihat dan dengar, 70% dari apa yang kita katakan, dan 90% dari apa yang kita katakan dan kita lakukan”. Coba renungkan sekali lagi,“kita belajar 90% dari apa yang kita katakan dan kita lakukan” maka lakukanlah.

Maka Kita harus selalu berusaha untuk mengoptimalkan kemampuan dengan seluruh daya upaya, sehingga menjadi manusia unggul yang selalu berkarya Yakinlah, bahwa setiap manusia berpotensi untuk menjadi orang yang profesional di bidangnya. Untuk itu haruslah ditegakkan disiplin tinggi, serta hal-hal lainnya yang positif.

Potensi anda adalah kekuatan anda sebagai langkah awal untuk menggapai mimpi. jadi mulai sekarang ketahuilah dan galilah potensi diri anda Sebagai langkah awal anda menggapai mimpi. dan saya pun yakin bahwa anda adalah orang yang mempunyai potensi. jadi anda adalah calon orang sukses… karena kitapun berpontensi.

Komentar, kritik saran, dan pertanyaan, harap dapat dilayangkan japri ke erwinarianto@gmail.com


Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s

Kategori

%d blogger menyukai ini: