Oleh: tettystak | April 2, 2008

Info Baygon

fyi….
Buat pengetahuan seluruh keluarga nihh….
Dari si penulis yang kerja di Baygon.
Tapi kalau pusing jangan cari baygon ya…..

Agak ragu saya menulis artikel ini karena menyangkut pekerjaan yang saya geluti, tapi sebagai orang yang sedikit banyak tahu saya merasa berdosa bila tidak menyampaikannya. Silakan di forward bila perlu…

Seberapa sering anda memakai obat nyamuk ? Apa mereknya ? apa jenisnya? Ampuhkah ? Berapa harganya ? Itulah pertanyaan yang sering mucul tentang obat nyamuk, tapi berapa banyak yang bertanya AMANKAH ?

Saya harus bilang bahwa saat ini boleh dibilang tidak ada satu pun obat nyamuk di Indonesia yang benar-benar ampuh dan AMAN.

Prinsip dasar yang harus dipahami semua orang ketika menggunakan obat nyamuk adalah bahwa zat yang dipakai itu RACUN, dan tidak ada racun yang benar-benar aman. Saya sedih melihat iklan-iklan di TV dan media lain yang menyesatkan. tahu iklan Baygon terbaru tentang Baygon biru yang tidak bikin batuk or wanginya segar ? Itu iklan yang keterlaluan dan sangat menyesatkan, karena seolah-olah dengan menggunakan Baygon biru kita boleh tetap berada di ruangan saat penyemprotan terjadi. Saya sudah protes Intern tapi tidak serius ditanggapi.

Baygon mengandung 2 racun utama yaitu Propoxur dan transfluthrin. Propoxur adalah senyawa karbamat (senyawa antaranya, MIC, pernah menewaskan ribuan orang dan menyebabkan kerus akan syaraf ratusan ribu orang lainnya dalam kasus Bhopal di India) yang telah dilarang peng guna annya di luar negri karena diduga kuat sebagai zat karsinogenik sedangkan transfluthrin relatif aman hingga saat ini.

Saya pernah kerja di pabrik propoxur for more than 1.5 years so I know much about this, saya juga pernah “mabuk” propoxur karena menyentuhnya dengan tangan yang sudah menggunakan sarung tangan… 7 hari panas dingin gak keruan. Kalau yang lain bagaimana ?

hit.jpgHIT yang promosinya sebagai obat nyamuk ampuh dan murah memang benar bahkan sedikit lebih ampuh dari Baygon tapi sangat berbahaya karena bukan hanya menggunakan Propoxur tapi juga DDVP atau dichlorvos.. . zat turunan chlorine yang sejak puluhan tahun dilarang penggunaannya di dunia. Murah tapi berbahaya, pilih mana?

Sedangkan obat nyamuk lain seperti Baygon tutup hijau , vape1.jpgVape, Raid baygon.jpgdan Mortein memang non propoxur dan non DDVP tapi keampuhannya sangat diragukan, mereka hanya efektif melawan nyamuk Aedes tapi berantakan saat melawan nyamuk Culex sp (ini nyamuk malam yang sering gangguin kita).

Wangi pada obat nyamuk aerosol maupun semprot semestinya justru menjadi indikasi bahwa kita tidak boleh berada di ruangan tersebut selama bau masih tercium, kurang lebih selama 1 jam …

Obat nyamuk tipe lain bagaimana ? Sama saja, obat-nyamuk-bakar.jpgobat nyamuk bakar jelas menghasilkan asap dan racun, jenis electrik pun tetap menghasilkan racun (HIT bahkan meng guna kan propoxur untuk obat nyamuk elektriknya) . Penggunanaan obat nyamuk dengan cara dibakar atau dengan listrik harus dalam ruangan dengan sirkulasi udara yang baik, tidak boleh dalam ruangan tertutup karena racun dan asap yang dihasilkan akan mengurangi proporsi kandungan oksigen dalam ruangan.

Kalau reppelent atau penolak nyamuk seperti autan.jpgAutan, Sari Puspa/Soffell, soffell.jpgatau Lavender gimana ? For your info : Ketigan ya mengandung racun bernama Diethyltoluamide atau DEET .

DEET ini sangat korosif, Autan tidak dapat disimpan dalam wadah plastik PVC atau besi karena dalam hitungan minggu akan mengikis lapisannya. Bayangkan bila itu kena kulit kita ? Jadi sekali lagi telah terjadi pembohongan publik lewat iklan anti nyamuk yang lembut bagi kulit, mana mungkin zat yang jelas-jelas merus ak kulit dapat merawat kulit, bahkan setelah ditambahi embel-embel menggunkan Aloe Vera atau zat pelembab lain tetap saja berbahaya, jangan guna kan pada kulit yang sensitif atau anak di bawah usia 2 tahun.

 

obat-nyamuk-alami.jpgJadi gimana ? Back to nature, kalau malam pakai kelambu, kalau siang pakai tangan or raket listrik. Obat nyamuk hanya di gunakan bila gangguan memang sudah tak terkendali atau melebihi batas toleransi dan GUNAKAN DENGAN CARAYANG AMAN….. jangan pernah berfikir racun itu aman…..beberapa memang ampuh tapi tak ada yang benar-benar aman… pilihlah yang efek racunnya paling kecil, jika sekedar untuk mengendalikan (bukan membasmi, sebab kalau nyamuk habis maka selesai pulalah pekerjaan orang-orang seperti saya) obat nyamuk maka pilihan terbaik adalah Baygon Tutup hijau (racunnya transfluthrin dan Cyfluthrin) Vape or Mortein, kalau perlu mengendalikan kecoa maka Baygon selain tutup hijau dan Mortein adalah pilihan terbaik. Kalau obat nyamuk bakar sih hampir sama semua… obat nyamuk elektrik pilihannya ada pada Baygon or Vape, sedangkan lotion penolak nyamuk antara Sari Puspa or ! Autan (kandungan DEET 13 dan 12.5 , sedangkan Lavender hingga 15).

Silahkan menanam bunga lavender di pot atau pekarangan rumahlavender.jpg.

Sherly Magdalena- sher_ck@yahoo.com
Best Regards,


Responses

  1. where can I purchase soffell in the uK

  2. saya ini mw tau saja malah pengusir nyamuk cair dengan sebut merek hit elektrik cair itu bagaimana ya

    apa indonesia yang produksi sendiri atau kita impor bahan setenagh jadi dari negara luar

    • Ya kalau mnurutku sih FORCE MAGIC itu ramah lingkungan

  3. hmm..kl cara alami lain, yang ampuh bwat ngusir kecoak, apa ya?

    anehnya kecoak itu sring keluarnya pas malem, dsaat kerjaan numpuk..kl udh terbang” bikin stress aja..

    @.@

  4. Kalau force magic gmn?? Dia pakai sintetik chrysanthemum ,kandunganye prallethrin 0,09% permetherin 0,15%…tolong info n thx b4

  5. Bagaimana dengan merk ‘FORCE MAGIC’

  6. Bole juga coba body lotion dari singapore,
    Saya beli nya di best world –
    Dr secret. Bahan dasarya dari
    Eucalyptus, jadi nyamuk jg g suka
    Dekatin kita. Walaupun relatif mahal,
    Tapi sejauh ini – kulit kita ttp halus
    Dan nyamuk jg g suka dekat.
    Bahkan anak umur 2thn sdh bole pakai.

  7. Thengkyuw a lot beibih 4 info2 nya,penting banget buat kita2😀 gw mau tanya nih beibs,kalo obat nyamuk merk force magic,bagaimana ? Baik yg tutup kuning dan tutup biru lebih ekonomis.Apakah lebih bahaya or better compare 2 the other brands obat nyamuk? Thanx utk jawabannya beibih🙂

  8. Klo force magic? Aku slama ini pke FM, soalnya ga bikin sesek n aku rs aman bwt klwrga sy!🙂

  9. Kalo baygon tutup kuning gimana kandungan zat di dalamnya?
    Mohon informasi lebih detail….thanks

  10. […] Sumber: https://tettystak.wordpress.com/2008/04/02/info-baygon/ […]

  11. Mohon saran utk mengusir nyamuk cara tradisional apa yg disarankan selain tanaman? Sy pernah dgr pakai jahe dicampur dgn pandan

  12. Tapi kenapa jangka waktu efek buruknya terasa tidak dijelaskan yak?
    Soalnya saya juga tau beberapa produk kosmetik yg beracun, dan bisa merusak sel kulit secara permanen, tapi dalam jangka waktu pemakaian 70 tahun, which means, jika kita mulai pake pada usia 18 tahun, maka efek jeleknya akan muncul pada usia 88 tahun.
    Dan bagi saya pribadi, itu tidak mengganggu.

  13. akibat hidup jorok, ngga peduli sama lingkungan. hik… kena deh, jadi banyak nyamuk, kecoa, tikus dan kawan2, terus beli racun buat ngeracun sendiri, ironis banget hidup manusia.

  14. sebenarnya ada beberapa bahan aktif pengusir nyamuk, kecoa, lalat dsb yang sudah mendapat izin WHO dan Departemen pertanian RI untuk digunakan karena terbukti aman dan tidak bersifat racun…ada yang menklaim lebih aman dari gula dan garam lho untuk zat tertentu…aplikasinya terutama pada produk pertanian, umum digunakan juga dipabrik makanan, minuman atau obat-obatan seperti selama ini saya bekerja.
    Kalau mau kreatif sedikit kita juga bisa membuatnya sendiri dengan mentaati aturan dosisnya. Bahan2 ini contohnya S-Methoprene, Etofenprox, Azamethepos, cypermethrin yang rata2 menggunakan pelarut air…

  15. Mantab gan… Link blog aku juga ya… http://vickyputraulakkerbau.blogspot.com/


Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s

Kategori

%d blogger menyukai ini: