Oleh: tettystak | April 7, 2008

Telur Palsu Mulai Beredar … Hati-hati!

Semoga bermanfaat …. 😛

Seorang pekerja tidur di atas krat-krat telur di sebuah pasar grosiran di Beijing, China. Beberapa media utama di Korea telah memberitakan proses pembuatan telur-telur tiruan di China, yang mana telah menggemparkan dan menyebabkan kekhawatiran besar di antara penduduk Korea. (China Photos/Getty Images).

(Erabaru.or. id) — Baru-baru ini, produk-produk tiruan China telah menjadi sorotan di Korea . Beberapa media arus utama Korea telah memberitakan proses pembuatan telur-telur tiruan di China , yang telah menggemparkan dan menyebabkan kekhawatiran besar di antara penduduk Korea .

Pada 1-2 September lalu, Munhwa Broadcasting Corporation (MBC) menayangkan sebuah dokumenter berjudul, “Hidup tanpa produk-produk buatan China .” Acara tersebut menelusuri kehidupan tiga keluarga di Korea Selatan , AS , dan Jepang yang menolak menggunakan produk-produk buatan China . Tayangan ini juga berbicara mengenai telur-telur buatan yang merajalela di China , acara ini telah menarik perhatian publik Korea .

Menyusul acara tersebut, koran nomor satu Korea, Chosun Ilbo, telah menerbitkan sebuah artikel berjudul “MBC Special mengekspos telur-telur tiruan buatan China,” melaporkan secara rinci bagaimana telur-telur tiruan itu dibuat. Dong-A Ilbo, koran Korea lainnya, pada 14 Agustus 2007 juga telah menerbitkan sebuah laporan berjudul “Telur-telur buatan dari China dibuat dari bahan-bahan kimia telah muncul di pasaran”.

Sepersepuluh Harga Menurut laporan dari Chosun Ilbo, karena peningkatan tajam harga-harga makanan di China, telur-telur buatan, yang dibuat hanya dari bahan kimia tanpa bahan alami, telah muncul di Kota Zhengzhou, Provinsi Henan.

Mr. Wang, yang menjalankan sebuah perusahaan yang membuat bahan tambahan makanan, menjelaskan bagaimana telur-telur tiruan itu dibuat. “’Putih telur’ dibuat dengan melarutkan sodium alginate dalam air. Larutan tersebut akan terlihat seperti cairan bening yang kental dan sulit membedakannya dengan putih telur yang sebenarnya.

“’Kuning telur’ dibuat dengan menyekop suatu carian dengan pigmen kuning dan memadatkan serokan cairan tersebut ke dalam larutan kalsium klorida. Akhirnya, ‘putih telur’ dan ‘kuning telur’ dibungkus ke dalam ‘kulit telur’ yang dibuat dari kalsium karbonat.

“Jika ditambahkan tepung kanji atau bubuk kuning telur pada ‘kuning telur’ tersebut, tekstur dari sebuah telur buatan setelah dimasak hampir identik dengan telur yang sebenarnya.

Wang mengatakan hanya menghabiskan 0,55 yuan (0,07 dolar AS) untuk membuat lebih dari 2 butir telur, kurang dari sepersepuluh harga telur yang sebenarnya di pasaran (0,8 dolar AS.)

Bahan utama dalam telur-telur buatan tersebut adalah bahan tambahan makanan, getah damar, kanji, pengeras, dan pigmen-pigmen. Konsumsi yang berlebihan atas bahan-bahan tersebut akan merusak perut dan menyebabkan gejala-gejala seperti kehilangan ingatan dan keterlambatan mental, dll.

Korea Dikecewakan Dokumenter khusus dan laporan berita tersebut telah menuai perhatian dan kegemparan di tengah penduduk Korea . Banyak orang Korea menyatakan bahwa meskipun produk-produk buatan China seperti pakaian, elektronik, dan lain-lainnya terbilang murah dan telah membawa kenyamanan bagi hidup mereka, kualitas dan keamanannya sungguh mengkhawatirkan.

Belum lama ini, berbagai mainan buatan China telah ditarik dari rak-rak supermarket karena cat pada mainan tersebut mengandung sejumlah logam berat yang sangat tinggi dan dapat mengancam keselamatan anak-anak.

Kursus Membuat Telur Buatan Diiklankan Secara Online di China Fakta telur buatan bukanlah hal baru di China . Kursus-kursus latihan untuk “membuat telur buatan” tersebar luas di Beijing, Provinsi Henan , Shandong , Hebei dan Guangdong . Seorang wartawan Epoch Times telah melakukan pencarian di Internet dan menemukan banyak iklan seperti itu. Kelas-kelas dilakukan dari satu sampai dua hari dan biayanya berkisar antara 300 sampai 800 yuan (40-100 dolar AS).

Sebuah pusat latihan tertentu di Kota Shangqiu mengajarkan teknik pembuatan telur buatan dan memberikan cetakan gratis dalam kursus tersebut. Pusat latihan tersebut menjamin bahwa “Anda sulit dapat membedakan bentuk dan rasa antara produk kami dengan telur yang sebenarnya.”

Baca liputan tentang Kursus Membuat Telur ini di sini: MailScanner has detected a possible fraud attempt from “www.erabaru.or.id”claiming to be http://www.erabaru.or.id/k_23_art_76.html

Apa Makanan Asli di China? Sebuah pusat riset yang bermarkas di Fengtai, Beijing , menyatakan bahwa “Perusahaan kami telah menyebarkan teknologi pembuatan telur buatan. Kami telah melatih lebih dari 70 ribu siswa di lebih dari 20 provinsi di dalam negeri. Kami juga menyediakan teknologi untuk membuat “anggur buatan,” daging ayam dan daging sapi buatan,” dan “membuat permen beraroma hawthorn (sejenis buah berry berwarna merah) tanpa menggunakan buah hawthorn.”

Menyusul membanjirnya laporan tentang kualitas produk-produk buatan China baru-baru ini, beberapa warga Korea berseru, “Lalu apa yang dapat kalian makan di China? Sungguh industri makanan di China dibanjiri oleh kebohongan dan penipuan, karenanya membuat kepanikan di tengah konsumen.”

Oleh Cui Yingshu, The Epoch Times, 11 Sep 2007 MailScanner has detected a possible fraud attempt from “en.epochtimes. com” claiming to be http://en.epochtimeMailScanner has detected a possible fraud attempt from “en.epochtimes.com” claiming to be s.com/news/7-9-11/59598.html


Responses

  1. bahan makanan buatan (palsu) seperti ini, menandakan kegagalan hidup manusia yang membuatnya. Sesuatu yang sudah jelas tahu berbahaya buat kesehatan manusia kok malah dibuat dan dijual untuk sesama manusia itu lebih jahat dari pembunuhan dalam peperangan. Yang saya pahami mereka semua melakukan itu hanya untuk mendapatkan keuantungan materi semata sungguh tidak dapat diterima nurani yang sehat, semoga orang-orang sadar kalau itu salah dan tidak ikut-ikutan sekedar mencari keuntungan pribadi.. dan mari kembali ke alam yang diciptakan Allah SWT untuk kepentingan umatnya.

  2. thanks info nya, makin gila aja cara orang2 cari uang

  3. Mau mbunuh orang pa!
    Tau barang bahaya kog d jdiIn makaNat tow!
    Untung aq puNya peternakan sendiri jd jelas aman n telurNya asli n sehat.

  4. Mekacih buat info nya.. Sebaik nya di Rukiyah tu yang bikin – bikin produck palsu.. Ikhtiar ma ALLAH, gax dengan kayax githu pasti diasih rejeki kox ma ALLAH, Yang buat produck ini sama saja membuat penyakit baru dan itu bisa di azab dengan ALLAH

  5. Pencerdasan bangsa memang harus jd preoritas utama pemerintah dan masyarakat jg harus banyak belajar. Penipuan semacam telur palsu akan semakin banyak di era kemajuan tehnologi di abad ini , jadi waspadalah untuk semuanya. Thank buat mbak tetty atas infonya

  6. kalau telur2 palsu itu masuk dan sempat dikonsumsi rakyat indonesia, apa jadinya ???? makanya, teliti sebelum membeli, kalo harganya jauh dari harga pasar, wajib dicurigai dan jauhihihihihihihiiiiiiii. thanks for tetty,,, infonya sangat berharga…..

  7. Klo seandænya telur palsu yg dibuat thu ngk berbahaya,gue mau tu buat mboongin ade2 gue biyar mau makan.he..he abis mreka seneng bngt ceh ma telur,
    yg pntng sekarang wahyu dah tau “thanks bngt ya infonya”

  8. pak saya aik kumbo sedan rembang anak kelas empat di mi hidayatul muslimin kumbo saja takut
    jadi gi mana ini pak ?


Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s

Kategori

%d blogger menyukai ini: